Ketua DPR Minta Polisi Gerak Cepat Usut Penyerangan Pemuka Agama

RI . (Foto: dok. DPR RI)

 

Jakarta, MINA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta aparat kepolisian bergerak cepat untuk mengusut tuntas terhadap para pemuka agama yang akhir-akhir ini sering terjadi.

Pada Ahad (18/2) penyerangan terjadi menimpa Pimpinan Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Hakam Mubarok di  Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

“Kepolisian harus segera dan serius mengusut tuntas kasus tersebut serta membongkar motif dan latar belakang penyerangan terhadap para pemuka agama. Jika polisi tidak bergerak cepat, saya khawatir akan ada pihak yang memprovokasi masyarakat kita sehingga kerukunan dan kedamaian bisa terganggu,” katanya dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Senin (19/2), demikian yang kutip dari laman resmi DPR RI.

Bambang juga mengutuk keras aksi kekerasan tersebut dengan menegaskan tindakan penyerangan atau kekerasan terhadap orang lain bahkan pemuka agama tidak pernah dibenarkan dalam hukum ataupun ajaran agama manapun.

“Saya mengutuk keras tindakan kekerasan yang masih terjadi kepada para pemuka  agama di Indonesia. Apapun alasannya, tidak boleh lagi terjadi kekerasan serupa,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia  meminta masyarakat tidak terprovokasi atas tindakan ini. Masyarakat diminta tetap waspada terhadap upaya mengadu domba ummat.

“Tidak ada dasar agama maupun budaya yang mendidik kita melakukan tindakan kekerasan. Saya harap masyarakat tidak terprovokasi, apalagi mengaitkan ini dengan isu SARA,” tambahnya.

Ia juga meminta pemerintah untuk tidak memberikan ruang atau kesempatan bagi siapapun untuk melakukan kekerasan.

“Saya tegaskan, negara tidak boleh memberikan ruang toleransi bagi para pelaku tindakan kekerasan. Apalagi hingga mengganggu kerukunan dan keharmonisan dalam masyarakat,” tegasnya. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.