Ketua KPK Akan Sampaikan Kuliah Umum di STSQABM

Bandar Lampung, MINA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dijadwalkan akan menyampaikan Kuliah Umum pada pembukaan tahun kuliah baru Sekolah Tinggi Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud (), di Gedung Pusiban Kantor Gubenur Propinsi Lampung, Senin (17/9) mendatang.

“Yang melatarbelakangi diangkatnya tema korupsi dalam kuliah umum ini adalah karena keprihatinan kita, banyaknya pejabat  bermasalah dengan hukum. STSQABM sebagaimana misinya ingin aktif memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa terutama di bidang spritual dan akhlak,” kata Ketua Panitia yang juga Wakil Direktur II STSQABM, Heri Budianto di kantornya, di Pondok Pesantren Al-Fatah, Muhajirun, Lampung Selatan, Jumat (7/9).

Kuliah Umum menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 mengangkat isu korupsi dengan “Bahaya prilaku korupsi dari tinjauan Agama Islam” mengundang semua bupati, walikota, ketua DPRD Lampung dan diperkirakan akan dihadiri sekitar 300 orang.

Heri mengatakan lemahnya pemahaman dan keyakinan agama merupakan salah satu faktor penyebab seseorang melakukan korupsi.

Dia menambahkan tujuan terselenggaranya acara tersebut, STSQBM sebagai lembaga pendidikan yang berbasis pada agama ikut andil membangun Bangsa dengan pendekatan spritual dan akhlaq akan pro aktif bersama sama kaum Muslimin lainnya dan Pemerintah memerangi penyakit yang merusak ekonomi Bangsa ini, terutama di bidang pencegahan.

Tentang STSQABM

Sekolah Tinggi Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud (STSQABM) merupakan Lembaga Tinggi unggulan berbasis Al-Quran, dalam lingkungan Pondok Pesantren Al-Fatah, dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya pengamalan ajaran Islam yang rahmatan lil ’alamin.

Lembaga yang digagas oleh (Almarhum) Syekh Imam Muhyiddin Hamidy ini memiliki visi dan misi agar mampu menjadi rujukan pengkajian, pengajaran dan pengamalan ke ilmuan berbasis Al Qur’an serta ikut memberikan konstribusi mengatasi berbagai permasalahan Bangsa dan Negara dengan pendekatan Spritual dan Akhlaqul Karimah.

Termotivasi oleh tuntutan dan kebutuhan besar dalam menyikapi perkembangan dan kemajuan strategis di era global, dibutuhkan adanya ketersediaan SDM yang terintegrasi dan berdaya saing secara nasional maupun internasional sebagai hasil dari sebuah pendidikan tinggi yang berkualitas, responsif, adaptif dan berakhlaqul karimah serta biaya terjangkau.

PPSH mulai tahun ajaran 2017/2018 membuka Perguruan Tinggi dengan nama Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud (SQABM) Online dan telah mendapat izin pendirian dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan SK No.3373/2017.

Adapun tenaga pendidik STSQABM diantaranya pakar Tafsir dari Palestina, Prof. Dr. Abdurrahman Yusuf Al-Jamal, Pakar Qiroat dari Palestina, Mahmud Anbar, Sirah Nabawiyah dari Nigeria Dr. Ahmad Abdul Malik, dan lain sebagainya.

Sekolah Tinggi Shuffah al Qur’an Abdullah bin Masud yang terletak di Muhajirun, Negararatu Natar Lampung Selatan, menerapkan kurikulum berbasis al-Quran dengan pola Shuffah Rasulullah yang mengintegrasikan tiga aspek utama kecerdasan manusia, yaitu: spiritual (hati), intelektual (otak) dan profesional (fisik).

Sementara program studi yang dibuka adalah Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dengan profil sebagai berikut: Al-Qur’an sebagai sumber pengetahuan, mencakup disiplin ilmu yang dapat dimanfaatkan oleh umat manusia dalam mengatur dan mengolah bumi dan isinya untuk kemaslahatan, kesejahteraan dan kemakmuran umat secara komprehensif dan bersifat rahmat. (R/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.