Ketum ICMI: Kemerdekaan Momentum Perubahan Menuju Indonesia Maju

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Prof. Dr. Arif Satria.(Foto: Doc. ICMI)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia () Prof. Dr. Arif Satria mengatakan, Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum perubahan dalam menyongsong gagasan Generasi Emas 2045, dengan kualitas manusia yang unggul serta menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan landasan iman dan taqwa.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dan salah satu lima kekuatan ekonomi dunia di masa depan. Untuk itu, diperlukan komitmen dan kerja keras dari semua pihak, termasuk para cendekiawan untuk mengambil langkah-langkah konkret dan mengatasi berbagai tantangan yang ada.

“Pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 ini harus menjadi momentum untuk memberikan semangat inspirasi dan perubahan bagi seluruh bangsa, untuk bekerja bersama-sama mewujudkan Indonesia sebagai negara maju yang makmur, berkelanjutan, dan berdaya saing tinggi,” kata Prof Arif saat Peresmian Kantor ICMI Pusat di Gedung ICMI Center Jakarta, Kamis (17/8).

Dia mengatakan, ICMI sebagai organisasi cendekiawan, harus menjadi sumber inspirasi bangsa yang membangunkan mindset-mindset positif untuk membangun pola pikir yang berkembang dan lebih produktif.

“Bangsa ini perlu inspirasi-inspirasi yang optimis dan membangun dari para cendekiawan di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang semakin cepat. Selain hadirnya inspirasi positif itu juga harus dilanjutkan dengan aksi nyata pada perubahan yang lebih baik,” ujarnya.

Prof Arif mengatakan, seluruh umat Muslim Indonesia harus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. “Sebagai Khalifah di muka bumi, kita dituntut untuk beramal soleh menyelaraskan iptek dan imtaq, serta menyebarkan rahmat untuk semesta alam. ICMI akan mengusung karya-karya inspirasi menuju perubahan maju yang rahmatan lil alamiin,” pungkasnya.

Peresmian Kantor ICMI Pusat di Gedung ICMI Center yang beralamat di Jl. Warung Jati Timur No. 1, RT 05/RW 03, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Peresmian Kantor ICMI Pusat yang baru renovasi ini sekaligus syukuran dalam rangka Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peresmian Kantor ICMI Pusat beralamat di Jl. Warung Jati Timur No. 1, RT 05/RW 03, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, dan baru direnovasi ini sekaligus syukuran dalam rangka Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peresmian di Gedung ICMI Center berlantai 4 itu diisi dengan penyampaian Tausiyah Kemerdekaan oleh Ketua Dewan Penasihat ICMI Pusat Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH dan Pidato Kemerdekaan oleh Ketua Dewan Pertimbangan ICMI Pusat Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM..

Selain Prof Arif, Kepala BPKH Fadlul Imansyah menyampaikan sambutannya, dan sepatah kata Wakil Keluarga BJ. Habibie oleh Ketua ICMI Pusat Dr. -Ing. Ilham Akbar Habbie, MBA..

Acara peresmian turut dihadiri oleh Jajaran Pengurus ICMI Pusat, pimpinan badan otonom, beserta tamu undangan lainnya, seperti sultan-sultan dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.