Kisah Dua Wanita Rohingya untuk Dunia

Begum Jaan, wanita Rohingya berusia 65 tahun. (Foto: Katie Arnold/Al Jazeera)

Begum Jaan adalah wanita Rohingya berusia 65 tahun berasal dari Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Dia hidup seorang diri.

Ia berkisah kepada Katie Arnold, wartawan Al Jazeera tentang hidupnya dalam krisis kekerasan di Rakhine. Berikut penuturannya:

Hidupku telah menjadi satu perjuangan panjang. Suami saya meninggal 25 tahun yang lalu. Sejak itu saya mengemis di jalan-jalan di desa saya untuk bertahan hidup. Kedua anak perempuan saya sudah menikah, jadi saya tidak punya orang untuk mendukung saya.

Suatu malam saya terbangun mendengar suara senjata dan ledakan, sangat keras, saya tidak tahan. Saya tidak bisa tidur, karena saya masih bisa mendengar suara-suara di kepala saya.

Semua orang melarikan diri, jadi saya melarikan diri bersama mereka, saya tidak ingin ditinggalkan sendirian. Butuh waktu dua hari untuk mencapai Bangladesh, saya melakukan perjalanan sangat sulit, karena saya memerlukan tongkat dan tidak ada yang menemani saya, meskipun saya melihat banyak orang menuju ke Bangladesh. Saya pernah mendengar tentara mempunyai perahu yang berpatroli di sungai, jadi saya sangat takut saat menyeberang dengan perahu.

Meskipun saya sekarang berada di Bangladesh, saya masih takut akan bertemu dengan militer Myanmar. Tapi saya lebih bahagia sekarang, karena saya tidak bisa mendengar suara senjata atau ledakan.

Saya merasa dunia luar sangat mendukung kami dan itu membuat saya merasa lebih baik. Saya ingin semua orang mendengar cerita kami, saya ingin seluruh dunia mendengar duka cita kami, tapi saya tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan baik. Kami tidak memiliki masa depan, hidup kami tidak ada harapan.

 

Kisah Rashida

Rashida adalah seorang wanita Rohingya berusia 25 tahun. Ia berasal dari Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Ia melarikan diri pada tanggal 2 September 2017 hingga sampai ke Bangladesh pada 10 September.

Berikut penuturan Rashida kepada Katie Arnold di kamp penampungan Unchi Prank di Chittagong, Bangladesh:

 

Nama saya Rashida dan saya berusia 25 tahun. Sebelum revolusi Arakan, saya menjalani kehidupan yang sangat sepi dan sederhana. Kami memiliki beberapa sawah yang kami tanami. Saya memiliki rumah tempat kami tinggal, dengan suami dan ketiga anak kami. Itu damai dan kami sangat senang sampai krisis terjadi.

Kami telah meninggalkan semua yang ada sekarang. Rumah dan ladang kami telah terbakar sehingga kami tidak bisa lagi tinggal di sana.

Ketika militer mulai menembak ke desa kami, kami dengan cepat membawa anak-anak ke dalam hutan dan menyembunyikannya. Mereka takut dari bahaya di alam bebas. Tapi, ketika saya kembali memeriksa rumah itu, saya melihat tepat di depan mata saya, banyak orang telah terbunuh.

Dari hutan, kami berjalan selama delapan hari sampai kami tiba di perbatasan. Kami sangat lapar dan tidak makan kecuali daun pohon. Anak-anak terus meminta makanan, tapi kami tidak bisa membawa apa pun bersama kami, kecuali hanya tiga anak saya.

Kami menyeberangi perbatasan dengan sebuah perahu kecil, rasanya sangat berbahaya dan kupikir kami akan tenggelam, jadi saya mencengkeram anak-anak saya erat-erat.

Saya tidak senang berada di Bangladesh. Kami dulu memiliki hewan, sawah 0,4 hektar, sebuah rumah dan kami memiliki desa yang bagus di negara kami sendiri. Kami telah meninggalkan semua itu, jadi saya yakin Anda bisa membayangkan betapa sedihnya perasaan kami.

Saya merindukan rumah kami. Kami merasa putus asa di sini, saya tidak tahu masa depan kami sekarang.

Kami tidak mendapatkan cukup dukungan di sini. Orang-orang Bangladesh bersikap baik dan menyumbangkan pakaian dan makanan, tapi saya belum melihat ada organisasi internasional. Saya berharap mereka juga akan membantu kami. Kami membutuhkan makanan untuk dimakan

Pesan saya ke dunia luar adalah bahwa kami menginginkan kedamaian, kami tidak punya masa depan tanpa kedamaian. (A/RI-1RS1)
Sumber: Al Jazeera

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.