Kiswah Penutup Ka’bah Diganti Tepat Tahun Baru Islam

Makkah, MINA – Kain kiswah yang menjadi penutup Ka’bah dilakukan pergantian tepat pada malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah usai shalat Isya.

Kain bertuliskan kaligrafi Asmaul Husna yang menghias di empat sisi Ka’bah. Para petugas dengan seragam dan alat perlindungan lem]ngkap mengganti kiswah.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, pergantian kiswah dilakukan setiap 9 Dzulhijjah saat jamaah haji wukuf di Arafah. Tahun ini, untuk pertama kalinya penggantian kiswah dilakukan pada 1 Muharram atas perintah Raja Salman.

“Ini kali pertama penggantian dilakukan 1 Muharram, atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram,” kata Asisten Wakil Sekretaris Majma’ Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka’bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi.

Kiswah terbuat dari kain sutera berwarna hitam disulam benang emas dan perak. Pembuatan kiswah menghabiskan sebanyak 760 kg sutera dan 120 kg emas dan 100 kg perak dengan biaya sebesar 25 juta Riyal Saudi atau setara Rp 100 miliar yang dibuat selama 8-10 bulan oleh 220 teknisi dan seniman tenun.

Kiswah penutup Ka’bah berukuran 6,3 meter kali 3,3 meter. (R/P2/P1)

Mi’raj News Aagency (MINA)