Kofi Annan Wafat

Bern, MINA – Sekretaris Jenderal PBB ke-7 era 1997-2006 telah wafat pada Sabtu (18/8) di ibu kota Swiss, Bern, dalam usia 80 tahun.

Yayasannya mengatakan dalam sebuah pernyataan, diplomat Ghana penerima Hadiah Nobel Perdamaian tersebut menghembuskan nafas terakhir di sebuah rumah sakit setelah “sakit pendek.”

“Kofi Annan adalah seorang negarawan global dan seorang internasionalis yang sangat berkomitmen, yang berjuang sepanjang hidupnya untuk dunia yang lebih adil dan lebih damai,” kata pernyataan itu.

“Dia adalah seorang pejuang perdamaian, pembangunan berkelanjutan, hak asasi manusia dan supremasi hukum,” tambahnya, demikian Al Jazeera melaporkan.

Setelah bergabung pada tahun 1962 di PBB, ia adalah staf pertama yang mengambil alih tugas tertinggi PBB dan diplomat pertama dari sub-Sahara Afrika.

Pada tahun 2001, ia menerima Hadiah Nobel Perdamaian dan dipuji karena “membawa kehidupan baru kepada organisasi.”

Pada hari Sabtu, Sekretaris Jenderal PBB saat ini Antonio Guterres menggambarkan Annan sebagai “kekuatan penuntun untuk kebaikan.”

“Dalam banyak hal, Kofi Annan adalah PBB. Dia naik pangkat untuk memimpin organisasi ke milenium baru dengan martabat dan tekad yang tak tertandingi,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.