Hangzhou Tuan Rumah Asian Games XIX Tahun 2022

Jakarta, MINA – Asian Games ke-18 yang digelar di Jakarta, Palembang dan beberapa wilayah di Jawa Barat telah berakhir Ahad (2/9) malam,  selanjutnya, empat tahun mendatang kota kuno Hangzhou, China akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-XIX.

Asian Games 2022 rencananya akan berlangsung pada tanggal 10-25 September. Stadion Hangzhou Sports Park akan menjadi venue utama dari perhelatan ini.

Hangzhou ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games pada 16 September 2015. Hangzhou menjadi calon tunggal di mana tidak ada negara lain yang mengajukan diri. Demikian keterangan dari Komite Olympiade Asia (OCA).

Sementara itu tuan rumah untuk Asian Games 2026 juga telah ditetapkan. Kota Nagoya yang terletak di Jepang sudah terpilih menjadi tuan rumah.

Hangzhou akan menjadi kota ketiga di China yang menjadi tuan rumah perhelatan terakbar Olahraga Asia itu, setelah Beijing 1990 dan Guangzhou 2010.

Jakarta sendiri juga sudah dua kali menjadi penyelenggara Asian Games setelah pertama kali menyelenggarakan Asian Games IV tahun 1962. Indonesia jadi tuan rumah tahun 2018 ini adalah menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri karena masalah keuangan.

Pemilihan Tuan Rumah

Komite Olimpiade China mengonfirmasikan bahwa Hangzhou mengajukan pencalonan sebagai tuan rumah, dan merupakan satu-satunya kota yang mengumumkan pencalonan pada Agustus 2015.

Hangzhou secara resmi ditetapkan sebagai kota tuan rumah pada 16 September 2015 di Ashgabat, Turkmenistan, dalam Sidang Umum Dewan Olimpiade Asia (OCA) ke-34.

Menurut proposal, Ningbo, Shaoxing, dan Huzhou juga akan menjadi bagian dari tempat pertandingan. Ajang olahraga ini juga memacu pembangunan beberapa jalur kereta api di kota, dan mempersingkat perjalanan menjadi satu setengah jam.

Pendiri sekaligus Pimpinan Eksekutif perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, menunjukan dukungan terhadap kota kelahirannya itu, Hangzhou, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022 tersebut.

Dia pun menghadiri puncak upacara penutupan Asia Games ke-18 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Ahad malam (2/9/2018).

Kota Hangzhou sendiri adalah ibukota di provinsi Zhejiang di pesisir timur China.

Hangzhou, 150 kilometer barat daya Shanghai, terkenal sebagai ujung selatan Grand Kanal dan telah menjadi salah satu kota yang paling terkenal dan makmur di China.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)