KRI Angkut Alutsista Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

(Foto: TNI)

Jakarta, MINA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)  diantaranya  Teluk Youtefa   522,  KRI dr Soeharso 990, KRI Banjarmasin 592  telah mengangkut sejumlah prajurit dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI  yang akan mengamankan jalannya  Konfrerensi Tingkat Tinggi (KTT)  2023 di Labuan Bajo nanti.

Pengangkutan sejumlah personel dan Alutsista TNI   berlangsung di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (29/4), sebagaimana dikutip dari laman resmi TNI.

Alutsista yang diangkut oleh di KRI diantaranya Kizi Jihandak, Nubika Zeni TNI AD, Sea Rider, Mobil Listrik PM, Motor Listrik Matan,  Rantis Kopasgat, Mobil Inkas Koopsus TNI, Ransus CBRNE Sprinter.

Ketiga KRI tersebut melaksanakan Debarkasi pergeseran pasukan dan material menuju Dermaga Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo Nusa Tenggra Timur (NTT).

Lamanya perjalanan KRI tersebut  diperkirakan sekitar tiga sampai dengan empat hari.

Pengerahan pasukan dan Alutsista ini merupakan komitmen TNI dalam melaksanakan tugas pokoknya dan menjamin keamanan selama KTT berlangsung.

TNI secara profesional dan proporsional menggelar kekuatannya demi lancarnya 2023.

Rangkaian kegiatan KTT ke-42 ASEAN akan dilaksanakan pada 10-11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Pertemuan akan dihadiri Kepala Negara/Kepala Pemerintahan negara-negara ASEAN, termasuk Timor Leste sebagai negara anggota ke-11 ASEAN dengan status observer sesuai hasil KTT ke-40 dan ke-41 di Kamboja.

KTT ke-42 ASEAN sendiri merupakan yang pertama dari dua KTT ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Pada KTT pertama pada Mei ini, fokus bahasan para Pemimpin ASEAN adalah isu-isu internal ASEAN serta isu-isu penting di kawasan dan di luar kawasan.

Sementara di KTT ke-43 yang direncanakan pada bulan September di Jakarta mendatang, akan dihadiri oleh para Pemimpin ASEAN dan Pemimpin Negara Mitra ASEAN. KTT ASEAN ke-43 akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.