KTT Afrika-Israel Batal, QII Serukan Adakan KTT Afrika-Palestina

Presiden Mahmoud Abbas di KTT Arab di Laut Mati, Yordania. (Foto: WAFA/Thayer Ghanayem)

Al-Quds, MINA – Lembaga Internasional Al-Quds (Al-Quds International Institution/QII) melancarkan seruan untuk mengadakan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Afrika-Palestina, setelah KTT Afrika-Israel dibatalkan.

QII menyatakan, pembatalan KTT Afrika-Israel yang dijadwalkan pada 23-27 Oktober di Togo, Lome adalah bentuk sikap pro-Palestina di Afrika, demikian Palestinian Information Center (PIC) yang dikutip MINA, Jumat (15/9).

“Ini adalah fakta sejarah bahwa masyarakat bebas telah menolak penjajahan di Afrika, dengan menutup pintu sebelum proyek-proyek imperialistik masuk,” kata Direktur Jenderal QII, Yassin Hamoud, pada Kamis (14/9).

Hamoud memuji LSM nasional dan internasional yang telah mengungkap kejahatan Israel terhadap orang-orang Palestina dan melakukan upaya untuk membatalkan KTT Afrika-Israel.

Baca Juga:  Bahrain Serang Israel sebagai Bukti Bela Palestina

Menurutnya, Israel terus berupaya menekan para pemimpin Afrika untuk tetap terselenggaranya KTT tersebut.

Di samping itu Hamoud juga mengingatkan LSM-LSM internasional dan Afrika untuk tetap berjaga-jaga terhadap inisiatif anti-Palestina yang bertujuan  memperkuat usaha Israel  menghancurkan Palestina. (T/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.