KTT G20: Wapres JK-Pangeran Saudi Bertemu Bahas Kilang Minyak dan Isu Islam

Buenos Aries, MINA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11).

Kedua petinggi negara itu membahas terkait peningkatan kerjasama ekonomi bilateral di berbagai aspek, kilang minyak, tenaga kerja dan juga membahas isu-isu tekini terkait keislaman, sebagaimana laporan Kantor Berita Saudi.

Kalla menjelaskan, Indonesia dan Arab Saudi sepakat akan mempercepat pembangunan kilang minyak di Cilacap karena itu investasi Arab Saudi di Indonesia.

“Perjanjian untuk membangun kilang minyak di Cilacap sudah ada, investasinya 6 miliar dolar AS. Arab Saudi minta dipercepat mulainya,” kata Kalla dalam keterangan tertulisnya.

Pemerintah berharap Indonesia memiliki kilang minyak yang besar salah satunya di Cilacap untuk mengurangi impor minyak.

Di luar permasalahan ekonomi, MBS menyampaikan kepada Kalla bahwa terkait isu meninggalnya wartawan Jamal Kashoggi. Dia menjelaskan, saat ini proses hukum terus berjalan dan sekitar 11 orang sudah ditangkap terkait kasus tersebut.

Dalam pertemuan bilateral dengan Pangeran Mohammed Bin Salman, Kalla didampingi oleh Menpan RB Syafruddin, Menkominfo Rudiantara, Wakil Menlu Mohammad Fachir dan sekretaris Wakil Presiden Mohammad Oemar. (T/RA-1/R01)

Miraj News Agency (MINA)