KTT G20, Zelenskyy Peringatkan Krisis Pangan

Nusa Dua, Bali – Presiden Volodymyr Zelenskyy memperingatkan kepada para pemimpin dunia yang hadir di KTT G20 Bali terhadap ancaman pada masa mendatang.

Melalui pidatonya yang dilakukan secara virtual, Zelenskyy menyatakan, pangan merupakan hak dasar setiap orang di dunia. Maka dari itu hal tersebut perlu mendapat perhatian serius dan dibahas dalam KTT tersebut.

Zelenskyy juga menyerukan kepada semua kepala negara dan organisasi yang turut hadir untuk bergabung dalam inisiatif ekspor biji-bijian Ukraina yang disebut sebagai Grains from Ukraine.

Zelenskyy mengatakan bahwa setelah pencabutan sebagian blokade Rusia terhadap beberapa pelabuhan Ukraina, negaranya itu telah mengekspor lebih dari 10 juta ton pangan melalui jalur laut.

“Menurut saya inisiatif ekspor biji-bijian kami layak mendapatkan perpanjangan tanpa batas waktu, dan tidak bergantung pada kapan perang berakhir,” ujarnya.

Tahun 2022 ini Ukraina dapat mengekspor 45 juta ton pangan ke berbagai negara. Ukraina merupakan salah satu negara dengan angka ekspor gandum terbesar. Namun ekspor itu terganggu akibat perang Rusia-Ukraina. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.