Lembaga Pemeringkat Dunia: Ekonomi Indonesia Stabil

Jakarta, 1 Rajab 1437/8 April 2016 (MINA) – Lembaga pemeringkat asal , Rating and Investment Information Inc. (R&I), mengafirmasi perekonomian stabil dengan peringkat pada level layak investasi (investment grade).

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyatakan ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian perekonomian dan volatilitas keuangan global telah diakui lembaga pemeringkat.

“Selanjutnya, jalinan koordinasi yang semakin sinergis antara kebijakan moneter dan fiskal merupakan faktor utama dalam mendorong pertumbuhan Indonesia yang lebih sehat seiring dengan upaya reformasi struktural yang sedang berlangsung,” kata Agus, Jumat (8/4), sebagaimana keterangan pers InfoPublik yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam siaran persnya, 4 April 2016, R&I memberikan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB- /stable outlook. Beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia adalah perekonomian Indonesia yang tetap stabil di tengah ketidakpastian eksternal yang masih berlanjut serta kebijakan moneter yang akomodatif dan kebijakan fiskal yang proaktif yang akan menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, defisit fiskal dipandang rendah, dengan kondisi fiskal yang terkendali. Likuiditas valas juga terjaga melalui kebijakan bank sentral dan kecukupan cadangan devisa yang baik, meskipun utang luar negeri swasta non-bank tetap perlu dicermati.

R&I menilai perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik Indonesia yang terjadi di 2015 disebabkan oleh ketidakpastian pada ekonomi dan keuangan global. Namun demikian, R&I melihat pada tahun 2016, perekonomian domestik akan didorong oleh belanja pemerintah sebagai roda penggerak perekonomian dan peningkatan konsumsi rumah tangga sebagai dampak dari pelonggaran kebijakan moneter bank sentral.

Lembaga pemeringkat tersebut memandang positif komitmen pemerintah dalam melakukan reformasi struktural, termasuk reformasi subsidi energi.

Menurut R&I, reformasi subsidi telah memberikan ruang bagi sektor fiskal untuk dapat meningkatkan alokasi pengeluaran terkait penyediaan infrastruktur dan sektor produktif lainnya sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi.

R&I sebelumnya telah melakukan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB – / stable outlook pada 18 Maret 2015. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)