Liga Dunia Muslim Selenggarakan 5 Acara Pendidikan di Asia dan Afrika

Moroni, MINA – Liga Dunia Muslim (MWL) mengadakan lima sesi pendidikan di Asia dan Afrika untuk para pemimpin dan anggota kegiatan ilmiah dan intelektual mereka, serta guru Al-Qur’an, Hadits, dan yurisprudensi hukum Islam.

Sesi-sesi ini dirancang untuk menyoroti wajah Islam yang sebenarnya dan nilai-nilainya mengenai moderasi, kerja sama, koeksistensi, toleransi, keragaman dan pluralitas. Mereka juga mengingatkan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh ekstremisme. Demikian Arab News melaporkan, Selasa (14/8).

Kegiatan itu adalah bagian dari program MWL, di bawah bimbingan Sekretaris Jenderal Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, untuk meningkatkan dan mempromosikan penyebaran pengetahuan yang berguna secara sosial, profesional dan intelektual, untuk mengikuti perubahan besar internasional dalam pendidikan.

Dr. Abdul Aziz Sarhan, Sekretaris Jenderal Asosiasi Internasional untuk Bantuan, Perawatan, dan Pengembangan (IARCD), mengatakan bahwa liga sedang mengembangkan kegiatannya melalui komunikasi dan pelatihan langsung dan berkelanjutan dari tim pendidikan, intelektual dan pengawasan, sambil mencari cara untuk mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dalam menyampaikan pesan mereka.

Dia menambahkan bahwa guru dan pengawas telah merespon dengan baik program itu dan memberikan ide-ide bagus untuk meningkatkan proses pendidikan.

Sarhan mengatakan sebanyak 30 orang menghadiri forum pertama di kota Davao, Filipina. Yang kedua di ibukota Uganda, Kampala, di mana 37 akademisi dari liga membahas metode pendidikan lanjutan untuk menjangkau khalayak seluas mungkin, sambil menyoroti penekanan Islam pada toleransi dan moderasi dan peringatan terhadap ancaman ekstremisme.

Forum ketiga diadakan di Kathmandu, ibukota Nepal, di mana Profesor Khurshid Ahmed, dekan Universitas Siraj Al-Uloom, menyampaikan pidato yang memuji upaya MWL dan penyediaan guru dan pengawas yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran di antara warga tentang nilai-nilai harmoni, toleransi, dan kewarganegaraan, konsep yang berada di bawah ancaman ekstremisme.

Dia juga menunjukkan tingginya tingkat buta huruf di Nepal, dan mengatakan bahwa para guru juga fokus pada program keaksaraan. Sarhan menambahkan bahwa 37 akademisi menghadiri forum keempat, di Khartoum, Sudan.

Forum kelima diadakan tahun ini di Moroni, ibu kota Komoro, yang merupakan rumah bagi tujuh lembaga MWL. Lebih dari 2.500 siswa mengambil bagian di sana, belajar dari kelompok elit akademisi.

MWL sangat mementingkan pelatihan dan pendidikan kelompok-kelompok dan tim-timnya, Sarhan menambahkan, karena mereka percaya akan pentingnya pembangunan mereka, sambil meningkatkan kesadaran dan memperkuat pertahanan terhadap ekstremisme.

Akibatnya, katanya, IARCD akan melanjutkan program pendidikan terpadu, yang mencakup forum dan kunjungan lapangan ke semua negara di mana guru dan pengawas diakreditasi dengan MWL, untuk menyoroti dan menyampaikan arahan dari pesan baru. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

http://www.arabnews.com/node/1355956/saudi-arabia

Wartawan: Syauqi S

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.