Menag Temui Sekjen Liga Muslim Dunia, Bahas Religion 20

Makkah, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersilaturahim dengan Sekjen Rabithah Alam Islami (Liga Muslim Dunia) Syaikh Ahmad al-Issa di Makkah, Arab Saudi.

Keduanya mendiskusikan kerja sama penyelenggaraan atau yang rencananya digelar November 2022 di Bali, bersamaan dengan Indonesia sebagai Presidensi G20.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf yang juga tengah menunaikan ibadah haji.

“Keharmonisan, perdamaian antarumat beragama penting untuk dijaga dan ditingkatkan. Untuk itu saya menyambut baik kerja sama ini dan menyukseskan R20. Kerja sama Rabithah-Kementerian Agama- NU akan sangat berarti sekali untuk dunia Islam dan global,” ujar Menag di Makkah, Selasa (12/7) malam.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami, Ahmad Al-Issa mengaku senang dan bangga bisa menjalin hubungan lebih erat dengan Indonesia.

“Kehadiran Indonesia ini sangat penting, bukan hanya karena merupakan negara dengan mayoritas muslim yang besar, juga karena peradaban dan budaya masyarakatnya tetap memelihara harmoni di tengah perbedaan,” kata Syaikh Ahmad al-Issa.

Peradaban dan budaya Indonesia yang memperkuat harmoni itu, menurut Syaikh Ahmad Al-Issa, sangat dibutuhkan dalam rangka mencari jalan keluar dari berbagai masalah berat yang dihadapi dunia Islam secara keseluruhan.

Usai pertemuan, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengkonfirmasi kesediaan Rabithah Alam Islami untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan R20.

Bentuk kesediaan itu antara lain ditandai dengan kesiapan Rabithah Alam Islami untuk terus membantu pengelolaan sekretariat permanen R20 di dalam Center for Shared Civilizational Values (CSCV). Sekjen Rabithah Alam Islami akan menunjuk perwakilan untuk melakukan diskusi lebih lanjut.

Muktamar Internasional Fiqih Peradaban (Religion-20) akan digelar sebagai bagian dari Peringatan Satu Abad NU. Kick off peringatan Satu Abad NU ini diresmikan dalam rapat pleno pimpinan PBNU di Jakarta, 20 Juni 2022. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.