Lukisan Muslimah Berhijab Dipajang di Gedung Capitol AS

Washington DC, MINA – Lukisan karya seorang siswa sekolah menengah Amerika Serikat, yang menggambarkan seorang wanita berhijab, dipilih oleh anggota Kongres dari Partai Demokrat, , untuk dipajang di (gedung perwakilan rakyat) AS di Washington DC.

Sally Almaklani, siswa baru di Renaissance High School for Musical Theatre & the Arts di wilayah Bronx, New York City, tahun ini, mengikuti  Kompetisi Seni Kongres tahunan, yang disponsori oleh Anggota-anggota Dewan Perwakilan AS.

Kompetisi ini juga  juga menjadi kesempatan untuk mendorong bakat seni di distrik-distrik kongres yang berbeda, MEMO melaporkan, Jumat (24/6).

Setelah pemilihan pemenang, mereka kemudian diundang pada resepsi di Washington DC bulan Juni, dengan karya seni mereka ditampilkan selama satu tahun di gedung Capitol AS.

Lukisan Almaklani menggambarkan seorang wanita Muslim mengenakan jilbabnya, dengan pesan “hijab saya membuat saya kuat” tertulis di atasnya dalam bahasa Arab.

Karya seninya terpilih sebagai pemenang untuk Distrik ke-14 New York, oleh perwakilan Alexandria Ocasio-Cortez, yang biasa dikenal sebagai AOC.

Dalam sebuah postingan Instagram yang memberi ucapan selamat dan mengumumkan pemilihan, AOC menyatakan karya seni tersebut “berisi visual yang mencolok dan kontra-narasi tentang hijab: bahwa sebagai alat ekspresi diri, hijab dapat memberdayakan perempuan muda.”

Dia menambahkan, “penggambaran Sally tentang seorang wanita muda Muslim yang bersinar sangat kontras dengan stereotip Islamofobia terhadap jilbab, dan estetika yang indah, ditambah dengan pesan yang kuat tentu saja berbicara kepada distrik kami.”

Berbicara kepada News 12 yang berbasis di New York, Almaklani mengungkapkan harapannya bahwa karya seni tersebut dapat “mengirim pesan kepada banyak orang” melalui penggambaran inklusif seorang wanita Muslim berhijab.

“Saya berharap setiap perempuan Muslim merasa nyaman, bahwa mereka mengenakan jilbab yang membuat mereka terlindungi dan kuat di masa depan dan di masyarakat,” katanya. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.