Mabims Sepakat Lakukan MoU Bidang Jaminan Produk Halal

Yogyakart, MINA – Empat negara Musyawarah Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (), berkomitmen memperkuat kerjasama dalam bentuk Nota Kesepahaman (MoU) antar negara terkait dengan jaminan .

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam yang juga ketua delegasi Indonesia menyampaikan, rencana penandatanganan MoU itu sudah diamanatkan dalam pertemuan SOM ke-41 tahun lalu.

Namun karena satu lain hal terutama kaitannya draft harus dipikirkan mendalam karena menyangkut empat negara.

“Draftnya sudah diselesaikan oleh Brunei Darussalam sekarang, kita sepakat bahwa MoU jaminan produk halal itu akan dilakukan segera di akhir bulan Desember tahu ini,” ujar Nur Syam usai paparan sesi ketiga SOM ke-42 di Yogyakarta, Jumat (27/10). Demikian keterangan Pers yang dikutip MINA.

Menurutnya,  proses kerjasama ini di Indonesia melalui sejumlah tahapan dan institusi. Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri segera akan melihat legal draftingnya, dan selanjutnya melewati Kementerian Luar Negeri yang membutuhkan pembahasan lebih mendalam, begitu juga negara lainnya yang haru melalui beberapa instansi atau jawatan di negaranya masing-masing.

Sesi keempat Jumat sore, sedang berlangsung pembentangan kertas kerja tambahan oleh ke empat negara, membahas sejumlah isu di antaranya masalah haji dan umrah.

Kegiatan tahunan dengan peserta para pejabat setingkat Sekretaris Jenderal dari empat negara anggota MABIMS tahun ini berlangsung mulai 25-28 Oktober 2017. Tahun lalu diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. (R/R05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.