Madrasah Mendominasi Juara Lomba Konten APBN

Paser, Kalimantan Timur, MINA- mendominasi kejuaraan konten tingkat SMP tahun 2020 yang digelar Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan () sebagai bagian dari Olimpiade APBN.

Lomba diikuti oleh 127 peserta dan juara satu sampai tiga diraih oleh tim madrasah. Demikian keterangan yang dikutip MINA Jum’at (30/10).

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pamekasan meraih juara pertama, MTsN 1 Malang juara kedua, dan MTsN 3 Paser, Kalimantan Timur sebagai juara ketiga.

Pemenang lomba diumumkan melalui live streaming YouTube Kementerian Keuangan pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Dalam sambutannya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, apresiasi atas keterlibatan siswa SMP/MTs dalam kompetisi ini.

“Alhamdulillah kegiatan lomba konten APBN 2020  diikuti dengan antusias oleh banyak sekolah yang berbakat dalam membuat video serta memahami APBN, sekaligus momen agar putra putri bangsa mempelajari APBN,” katanya.

Kepala MTsN 3 Paser Subhan Walad menjelaskan, Tim MTsN 3 Paser pada kompetisi ini membuat video dengan topik APBN yang difokuskan pada infrastruktur. Video yang mengangkat tema “Pemerataan Bantuan Guna Anak Negeri” ini ternyata mencuri perhatian dewan juri, hingga masuk nominasi.

Menurutnya, video siswa MTsN 3 Paser menyoroti pembangunan infrastruktur jalan dan sarana prasarana sekolah. Video tersebut dikemas dalam adegan yang diperankan Irmayanti, sebagai siswa baru dengan watak polos dan banyak bertanya.

Tokoh lainnya adalah Tyawati sebagai kakak kelas yang membantu menjelaskan bagaimana peran Pemerintah dalam pembangunan, mulai dari infrastruktur jalan hingga asrama terpadu MTsN 3 Paser. Gedung asrama tersebut dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), bagian dari APBN.

Tim lainnya bertugas di belakang kamera adalah Abika Ramadhan (cameramen) dan Dicky Febriari (editor).

“Video ini seluruhnya digarap dan diselesaikan oleh siswa, dengan didampingi Guru Pembimbing, yaitu Rizki Aulia Rahman, Rina Agustini, dan Rizky Ulfia Rifa’atul Janah,” kata Subhan di Paser, Jumat (30/10).

“Alhamdulillah saya mengucap syukur yang tak terhingga siswa-siswi MTsN 3 Paser bisa mengharumkan nama madrasah dan Provinsi Kalimantan Timur karena diikuti oleh siswa-siswi MTs dan SMP se-Indonesia. Hal ini membuktikan Pendidikan Madrasah sekarang semakin maju di depan, dibuktikan dengan para juara yang asalnya dari madrasah semua. Saya ucapkan terima kasih kepada anak anak dan guru pembimbing yang sudah mendampingi dari awal sampai pengumuman ini,” ujarnya.

Lomba dilaksanakan secara virtual dengan mengupload video hasil karya ke Channel Youtube. Hingga berita tersebut dibuat, video yang diupload pada Channel Youtube MTs Negeri 3 Paser ini sudah lebih 1000 view. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)