Mahasiswa Cambridge Serukan Universitas di Inggris Lepaskan Diri dari Apartheid Israel

Cambridge, MINA – Bersama Anggota Cambridge Palestine Solidarity Society (PalSoc) menyerukan semua universitas di Inggris untuk “mengakhiri keterlibatan mereka dalam apartheid Israel”.

Mahasiswa berdemonstrasi untuk menunjukkan solidaritas mereka dengan rakyat Palestina dan menuntut universitas meninjau kembali hubungannya dengan semua perusahaan yang terlibat dalam kebijakan ilegal Israel dan hubungan serta kemitraan formal yang serius dengan BAE Systems, Caterpillar dan semua perusahaan atau institusi lain yang dianggap terlibat, MEMO melaporkan pada Kamis (2/12).

“Sangat memalukan bahwa Universitas Cambridge termasuk di antara mereka yang memiliki investasi tertinggi,” Varsity melaporkan Perhimpunan Palestina mengatakan, dengan perkiraan £120.780.000 [$160.830.000].

Tindakan itu dilakukan sebagai bagian dari gerakan Hari Solidaritas Internasional dengan Palestina yang lebih besar di 30 universitas di Inggris yang mahasiswanya mendesak untuk lepas dari apartheid Israel.

Friends of Al-Aqsa (FOA), yang menyerukan tindakan tersebut, mengatakan universitas-universitas Inggris saat ini memiliki investasi senilai £450 juta ($598,7 juta) yang “terlibat dalam apartheid Israel”.

Pada tahun 2020, Universitas Manchester melepaskan lebih dari £10 juta ($13 juta) dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pendudukan Israel atas Palestina setelah kampanye bertahun-tahun kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Perusahaan yang terkena dampak termasuk Caterpillar, pemasok lama alat berat yang digunakan untuk menghancurkan rumah dan infrastruktur Palestina oleh tentara Israel. (T/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.