Mahasiswa-Mahasiswa Muslim Asal Patani Shalat Ied Berpakaian Melayu

(dok: Ahmad)

Jakarta, MINA – Mahasiswa-mahasiswa muslim asal Patani (Thailand Selatan) melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di lapangan bola Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, pada Rabu (6/6).

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa-ahasiswa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) menggunakan pakaian Melayu Patani.

HIPPI adalah organisasi kemahasiswaan dan berorientasi kemasyarakatan sebagai umat Islam Melayu Patani. HIPPI merupakan wadah perkumpulan pelajar yang datang dari Patani, yaitu Provinsi Patani, Yala, Narathiwat dan sebahagian dari Sengkla, Thailand Selatan.

Menurut keterangan dari salah seorang mahasiswa, pemakaian pakaian adat budaya Melayu Patani sudah menjadi kebiasaan selama ini, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dan hari-hari  kemenangan lainnya yang erat berhubungan solidaritas dengan perayaan Islam.

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu. Sementara sebagian masyarakat Indonesia sudah terlebih dahulu merayakan hari kemenangan tersebut pada Selasa (4/5). (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)