Viral Video Mahasiswa AS Lindungi Rekan Muslimnya Shalat dari Polisi

Mahasiswa di Amerika Serikat (AS) melindungi rekan Muslim mereka yang tengah beribadah. (Foto: Quds News Network)

Ohio, MINA – Beredar dan viral di media sosial video para mahasiswa di Ohio State University, AS, membentuk pagar manusia yang melindungi rekan-rekan muslimnya sedang melaksanakan shalat dari serangan polisi.

Video yang diunggah oleh akun X Quds News Network pada Sabtu (27/4), menunjukkan kejadiannya pada waktu malam dan memperlihatkan para mahasiswa non-Muslim yang ikut aksi solidaritas Palestina terlibat aksi saling dorong dengan aparat keamanan.

Sementara itu, di tengah-tengah area yang dijaga oleh pagar manusia ada sekelompok mahasiswa laki-laki dan wanita sedang shalat berjamaah.

Para mahasiswa yang memagari lokasi shalat menahan sekuat tenaga dorongan polisi sambil berulang kali berteriak, “Biarkan mereka berdoa (shalat)!”

Baca Juga:  Rusia: Serangan Darat Israel ke Rafah Menambah Ketidakstabilan di Kawasan

Pada video lain yang juga menjadi viral di media sosial X dan lainnya, menunjukkan seorang mahasiswa yang ditahan oleh polisi sedang melakukan shalat dalam kondisi kedua tangan terbelenggu di belakang pinggang.

Di dalam video pendek tersebut terlihat si pemuda shalat di belakang mobil polisi dan ada beberapa polisi yang menjaganya. Ia pun melakukan sujud tanpa topangan kedua tangannya.

Aksi bela Palestina telah dilakukan oleh kalangan akademisi, seperti dosen serta mahasiswa yang semakin meluas di seluruh universitas di Amerika Serikat sejak pekan lalu.

Gerakan tersebut dimulai dari Columbia University di Manhattan, New York, Rabu (17/4), ketika para mahasiswa mendirikan perkemahan di lapangan rumput tengah kampus bernama Buttler Lawn, sebagai bentuk aksi demonstrasi yang menuntut gencatan senjata permanen di Jalur Gaza.

Baca Juga:  Israel Serang Rafah Saat Perundingan Gencatan Senjata

Namun, aksi tersebut direspon oleh pihak kampus dengan mendatangkan pasukan anti huru-hara kepolisian New York untuk membubarkan paksa kampung tenda yang didirikan demonstran. Buntutnya, polisi menahan lebih dari 100 mahasiswa.

Tindakan tersebut kemudian membangkitkan gerakan serupa di universitas-universitas lain di Amerika Serikat, seperti Universitas New York, Universitas Harvard di Boston, Universitas Yale di Connecticut dan lainnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.