Mahasiswi STSQABM Lampung Raih Prestasi Tingkat Internasional

Bandar Lampung, MINA – Sekolah Tinggi Shuffah Al-Quran Abdullah Bin Masud (SQABM) Lampung meraih prestasi tingkat internasional pada Program Mukhoyyamat Tajul Waqar yang diselenggarakan oleh Daarul Quranul Karim wa Sunnah Gaza, Palestina.

Pembina Tahfidz Muslimah SQABM, Nur Hanifah, mengatakan, dua mahasiswi SQABM mendapat penghargaan mewakili Lampung dan Indonesia.

Alhamdulillah Darul Quran melaksanakan program tahun ini secara online, dan SQABM mendapat penghargaan yang tentunya mewakili Lampung dan pastinya Indonesia,” ujarnya menurut rilis yang diterima MINA pada Rabu (2/10).

Dua mahasiswi jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir tersebut bernama Azkiyatul Karimah dan Fitri Ukhti Muslimah yang baru menginjak semester tiga.

Keduanya masuk nominasi peserta terbaik dengan kategori capaian hafalan terbanyak dan yang banyak mengikuti hafalan dan daurah tafsir.

Hanifah menjelaskan, Azkiyatul Karimah memenangkan kategori Daurah Hafalan baru Al-Quran 5 juz dan murajaah pemantapan hafalan 10 juz, Daurah Tafsir dan tadabbur surat Al-Kahfi, dan Daurah Tafsir dan tadabbur surat-surat pendek.

Sementara itu, Fithri Ukhti Muslimah masuk pada kategori Dauroh hafalan 10 juz dan Tafsir Tadabbur surat-surat pendek.

Program yang dilaksanakan pada 15 Juni hingga 30 Agustus itu diikuti 337 peserta muslimah dari 28 negara di dunia termasuk Indonesia dengan 38 peserta.

“Dari program musim panas ini lahir hampir 500 penghafal Al-Quran dan Hadits setiap tahunnya,” kata Hanifah.

Sementara itu, Ketua SQABM Dudin Shobaruddin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada dua mahasiswi yang telah mengharumkan Shuffah Al-Quran Lampung khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Kami mengapresiasi para mahasiswi yang mampu berprestasi di usianya yang masih muda di kancah internasional,” tambahnya.

Selain mereka berdua, ada tiga mahasiswi yang mengikuti dauroh tahunan itu, mereka adalah Nur Afifah mengikuti program murojaah pemantapan hafalan 15 juz, Alya Nabila mengikuti daurah hafalan 5 juz, dan Laylatuzzahro mengikuti Daurah Hafalan 10 juz.

Mukhoyyamat Tajul Waqar adalah program pembelajaran Al-Quran dan Hadits Nabawi yang biasa dilaksanakan oleh Yayasan Daarul Quranul Karim wa Sunnah Gaza di Gaza, Palestina setiap libur musim panas. Program yang dilaksanakan setiap tahun itu diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai jenjang usia. (R/hbb/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.