Majelis Taklim Telkomsel Salurkan Bantuan Tahap Awal Korban Tsunami Selat Sunda

Pandeglang, MINA – Majelis Taklim Telkomsel (MTT) bersama Rumah Zakat dan Relawan Rumah Zakat sigap menyalurkan bantuan tahap awal untuk Penyintas Tsunami Selat Sunda.

“Insya Allah bantuan MTT pada fase pertolongan pertama penanggulangan bencana dapat meringankan beban saudara-saudara penyintas tsunami Selat Sunda,” ujar Kepala Departemen Unit Pelayanan Zakat MTT, Novi Faldian.

Ia juga mengatakan, MTT masih melakukan penggalangan dana yang insyaa Allah disalurkan pada fase lanjutan (Recovery).

“Terimakasih kepada relawan yang sudah bekerja sangat keras serta para muzakki dan donatur, semoga menjadi amal jariyah,” imbuhnya.

Bantuan yang diberikan berupa 50 paket logistik untuk 50 Kepala Keluarga (KK) di RT/RW. 16/08 Kampung Legon Desa Sumberjaya Kecamatan Suwun Kabupaten Pandeglang, pada hari Selasa (1/1).

Respon positif pun disampaikan Ketua RT RT/RW. 16/08 Kampung Legon, Zatrada (67).

“Syukur alhamdulillah MTT telah peduli pada warga yang terkena musibah. Semoga Allah yang membalas kebaikan MTT dan para donatur serta diberikan rezeki yang berlimpah terlebih sudah berkenan jauh-jauh kesini untuk meyalurkan bantuan,” ungkapnya.

Sebanyak 32 rumah dari total 88 rumah yang dihuni 200 warga di wilayah ini hancur diterjang tsunami. Tidak ada korban jiwa, namun 2 warga usia kanak-kanak mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Hingga H+7 paska bencana, tercatat korban tsunami di Selat Sunda sebanyak 431 orang meninggal dunia, 7.200 luka-luka, 15 hilang, dan 46.646 mengungsi.

Kerugian material antara lain 1.527 unit rumah rusak berat, 70 unit rumah rusak sedang, 181 unit rumah rusak ringan, 78 unit penginapan dan warung rusak, 434 perahu dan kapal rusak serta beberapa kerusakan fasilitas publik.

Data tersebut berasal dari lima Kabupaten yang terdampak tsunami Selat Sunda, yakni Pandenglang, Serang, Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus, seperti dilansir dari laman bpnb.go.id.

Pengungsi masih memerlukan bantuan kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih, MCK, pakaian layak pakai, selimut, tikar, pelayanan medis, dan lainnya. (L/Ast/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)