Taiwan Kirim Bantuan Donasi Rp7,1 miliar untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Jakarta, MINA – Pemerintah dan rakyat menyerahkan bantuan sebesar USD500 ribu setara dengan Rp7,1 miliar untuk korban yang menerjang wilayah Banten dan Lampung melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyerahan donasi secara simbolis diserahkan oleh Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia John C. Chen kepada Pelaksana Tugas. Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di Markas Pusat PMI Jakarta, Selasa (22/1).

Chen mengharapkan bantuan ini dapat meringankan beban korban bencana .

Dia mengatakan, bantuan ini dapat membangun ulang daerah yang terkena bencana di provinsi Banten dan provinsi Lampung, serta membantu para korban bencana agar dapat pulih kembali seperti semula.

“Bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab kemanusiaan internasional untuk bencana Tsunami Selat Sunda,” kata Chen dalam pidatonya yang disaksikan oleh anggota direksi PMI, pengusaha Taiwan di Indonesia, beserta wartawan dari berbagai media.

Dia menyampaikan kepedulian dan ucapan belasungkawa dari pemerintah dan rakyat Taiwan kepada korban bencana Tsunami Selat Sunda.

Chen juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Banten, dan masyarakat sekitar yang membantu warga negara Taiwan yang ikut menjadi korban Tsunami untuk mengungsi ke daerah tinggi serta membantu mereka untuk mendapat pengobatan.

“Pada tahun 2018 Indonesia mengalami bencana gempa dan tsunami yang menyebabkan kehilangan yang mendalam baik korban jiwa maupun materi, dan pemerintah serta rakyat Taiwan juga merasakan kehilangan yang sama,” ujarnya.

Sementara Ginandjar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah Taiwan itu. Saat ini, PMI masih terus menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terdampak bencana di Banten dan Lampung.

Sebelumnya, untuk meringankan beban korban bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, pemerintah dan rakyat Taiwan telah mendonasikan USD250 ribu atau setara Rp3,5 miliar kepada PMI untuk korban bencana gempa di Lombok, dan USD1 juta atau setara Rp14,2 miliar kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan PMI untuk korban bencana di Sulawesi Tengah.

Selain itu, Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF) bekerja sama dengan organisasi World Vision dan organisasi Mercy Corps mendonasikan kurang lebih USD700 ribu setara dengan Rp10 miliar.

Donasi tersebut untuk melaksanakan “Program dukungan mata pencaharian di Sulawesi Tengah, Indonesia” dan Program bantuan WASH di Sulawesi Tengah, Indonesia” untuk membangun ulang daerah yang terkena bencana.(L/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.