Mantan Pemimpin Fatah Tiba di Kairo Bahas Perkembangan Gaza

Mohammed Dahlan. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Kairo, 18 Syawwal 1438/12 Juli 2017 (MINA) – Mantan pemimpin gerakan Fatah, Mohammed Dahlan, tiba di Kairo pada hari Selasa (11/7) dari Abu Dhabi untuk bertemu dengan rekan-rekan Mesir-nya membahas perkembangan terakhir .

yang didukung pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) itu tiba dengan sebuah pesawat jet pribadi dari Abu Dhabi. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Selama kunjungannya ke Mesir, penasihat keamanan Putra Mahkota UAE itu  diperkirakan akan bertemu dengan pejabat senior, tokoh dan beberapa orang Palestina untuk membahas perkembangan terakhir di Jalur Gaza.

Perjalanan tersebut dilakukan setelah sebuah aliansi strategis dibentuk dengan Dahlan dan kelompok pejuang Hamas. Aliansi bertujuan membantu memfasilitasi perundingan antara pemerintah di Gaza dan Kairo bulan lalu.

Setelah aliansi terbentuk, Mesir mulai membiarkan gas masuk ke Gaza yang terkepung.

Dalam sebuah khotbah Idul Fitri di Lapangan Saraya di Gaza akhir Juni lalu, Wakil Kepala Hamas, Khalil Al-Hayya mengumumkan bahwa sebuah kesepakatan telah dicapai dengan pemerintah Kairo untuk meringankan penderitaan di daerah kantong itu.

“Kami telah menemukan sebuah gerbang besar yang terbuka dan sebuah sambutan hangat dari saudara-saudara kita di Mesir,” kata Hayya. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.