Maroko Gabung Aliansi Ekonomi BRICS

Rabat, MINA – Maroko secara resmi mengajukan penawarannya untuk bergabung dengan aliansi ekonomi (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan).

Maroko bergabung dengan negara-negara lain seperti Indonesia, Arab Saudi, dan Mesir, yang juga bersaing untuk mendapatkan tempat dalam aliansi ekonomi. WION News melaporkan, Selasa (15/8).

Pengajuan terjadi menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pekan depan di Afrika Selatan.

KTT mendatang akan mempertemukan sekitar 60 kepala negara dan akan menetapkan standar ekspansi untuk kemungkinan anggota baru BRICS.

Keputusan akhir tentang negara mana yang akan bergabung dalam pengelompokan mungkin akan ditangguhkan.

Duta Besar BRICS Afrika Selatan, Anil Sooklal menyatakan, fokus KTT yang akan datang adalah mempromosikan mata uang lokal di dalam blok tersebut.

Baca Juga:  PBB akan Gelar Pemungutan Suara untuk Keanggotaan Penuh Palestina

“Perdagangan dalam mata uang lokal jelas menjadi agenda,” katanya.

“Tidak ada agenda de-dolarisasi dalam agenda BRICS. Dolar akan tetap menjadi mata uang global terkemuka; itu sudah pasti,” lanjutnya.

Dia mengatakan, BRICS bukanlah lawan dari Barat atau G7.

Sebaliknya, dia mengatakan aliansi tersebut bertujuan untuk “memajukan agenda Global South dan membangun arsitektur global yang lebih inklusif, representatif, dan adil.”

Menurut diplomat top Afrika Selatan yang bertanggung jawab atas hubungan dengan blok tersebut, lebih dari 40 negara telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan kelompok negara BRICS.

Negara-negara yang menyatakan minat termasuk Aljazair, Argentina, Iran, Uni Emirat Arab, Kuba, Republik Demokratik Kongo, Komoro, Gabon, dan Kazakhstan.

Baca Juga:  [BEDAH BERITA MINA] Israel Serang Rafah Di Tengah Kecaman Dunia

BRICS, yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan, menyumbang lebih dari 40 persen populasi dunia dan sekitar 26 persen ekonomi global. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.