MasterCard Berikan Kemudahan bagi Jemaah Haji dan Umrah

Jakarta, 17 Safar 1438/17 November 2016 (MINA) – Direktur MasterCard Indonesia Tommy Singgih mengatakan bahwa MasterCard memberikan kemudahan bagi jemaah haji dan umrah untuk bertransaksi melalui kartu ATM selama berada di Tanah Suci

“Salah satunya adalah dengan berkontribusi untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia melalui inovasi yang terkait dengan sistem pembayaran,” kata Tommy dalam sambutannya di acara Milad Ke-8 di Jakarta, Kamis (17/11) pagi.

Dia menambahkan, dengan kemudahan transaksi tersebut, para jemaah haji dan umrah tidak perlu lagi membawa uang tunai, terutama mata uang riyal ke Tanah Suci.

Terlebih menurutnya, membawa uang tunai memiliki risiko hilang yang cukup tinggi dan merepotkan jemaah haji serta umrah untuk menyimpannya.

“Saya dengar dua tahun lagi, Arab Saudi tidak akan lagi menerapkan pembayaran tunai dan semuanya diganti dengan transaksi elektronik,” ujar Tommy.

Tommy mengatakan, MasterCard sudah bekerja sama dengan beberapa bank di Arab Saudi, salah satunya yakni Bank Al Rajhi untuk memberikan kemudahan akses bagi nasabah.

Selain itu, MasterCard juga sudah menetapkan 600 ATM yang tersebar di Makkah, Jeddah, dan Madinah yang berbahasa Indonesia. Jemaah haji dan umrah dari Indonesia tidak akan kesulitan ketika bertransaksi di ATM selama beribadah di Tanah Suci.

Hal lain yang dilakukan oleh MasterCard untuk mendukung ekonomi syariah yakni menyiapkan halal platform di seluruh merchant yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Halal platform ini juga diterapkan di Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Tommy menambahkan, halal platform tersebut untuk mendukung pariwisata halal.

“Berdasarkan survei Global Muslim Travel Indeks ditemukan bahwa orang-orang Muslim yang bepergian ke luar negeri tiket size-nya lebih besar,” kata Tommy.

MasterCard Indonesia telah bekerja sama dengan BRI Syariah (BRIS) untuk meningkatkan layanan terutama bagi nasabah haji dan umrah. Dengan bergabungnya BRIS dalam keanggotaan MasterCard, maka Kartu ATM BRIS dapat digunakan di lebih dari 43 juta ATM dan merchant MasterCard di seluruh dunia. (L/P002/P001)

Mi’aj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.