MD-TPQ Al-Fatah Kuningan Adakan Pesantren Kilat

Kuningan, MINA – Madrasah Diniyah Taman Pendidikan Al-Quran (MD-TPQ Al-Fatah) mengadakan pesantren kilat di Masjid Miftahul Huda, RT 02 RW 01 Desa Patalagan, Kec. Pancalang, Kab. Kuningan, Prov. Jawa Barat.

“Pesantren kilat dengan mengangkat tema ‘Mencetak Generasi Rabbani Berakhlak Qur’ani’  dimulai dari 17-28  April atau 5-16 Ramadhan 1442 H pukul 14.00 s.d. 16.00,”  kata Hendrik Rusyikin Kepala TPQ MD Al Fatah kepada MINA, Sabtu (17/4).

Ia mengatakan, pesantren kilat ini bertujuan untuk membentuk generasi yang berlandaskan Al-Quran,  mendekatkan santri kepada qur’an khusus pada bulan suci Ramadhan di mana Quran diturunkan.

“Biasanya kegiatan pembelajaran TPQ MD tetap berjalan sampai 20 Ramadhan, tahun ini kegiatan Ramadhan diambil alih pemuda Kuningan (syubban). Alhamdulillah, yang belajar mengaji di masjid ini bukan hanya dari warga sekitar masjid, namun juga datang dari desa,” jelas Hendrik.

Ketua Panitia Pesantren Kilat Syifa Rizki Utami mengatakan, bahwa kegiatan Ramadhan tahun ini mengoptimal dengan melibatkan pemuda Kuningan.

“Kegiatan ini melatih generasi muda untuk bisa melanjutkan estafet perjuangan dakwah Jamaah Muslimin. Dengan melibatkan kegiatan tarbiyah di MD dan TPQ, dan kegiatan ini berhasil terlaksana berkat andil para pemuda Jama’ah Muslimin Kuningan,” ujarnya.

Katanya, anak anak MD tidak hanya belajar dan menghafal tapi juga game edukasi, kuis dan lomba diadakan. insyaa Allah  tanggal 28 penutupan diakhiri buka bersama dan pengumuman lomba.

“Lomba yang akan diadakan di antaranya hafalan Quran, hafalan hadist, hafalan doa, dan kaligrafi,” imbuhnya.

MD-TPQ Al-Fatah sudah terdaftar di Depag tahun 2006.

MD-TPQ Al-Fatah didirikan oleh H Jumali pada tahun 1980, Pak Jumali Assabiqunal Awwalun di riyasah Kuningan. 

Sebelumnya ia mengabdikan diri mengajarkan Quran dan ilmu agama di masjid Miftahul Huda.

Beliau meninggal 8 Januari 2021 lalu.  (L/R4/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)