Menag Dijadwalkan Hadiri Pembukaan MTQ Provinsi Kepri

Jakarta, MINA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan menghadiri pembukaan pergelaran Musabaqah Tilawatil Quran () ke VIII di Kepulauan Riau (Kepri), yang akan dilaksanakan pada 11-17 April 2020 mendatang.

Menag menyambut baik undangan untuk membuka gelaran MTQ ke VIII ini, terlebih yang mengundang adalah daerah Melayu. Bagi Menag dunia melayu adalah dunia Islam.

“Dengan senang hati, saya akan hadir pada MTQ ini,” jawabnya di Jakarta kantor Kementerian Agama, Senin (2/3).

Sementara itu, Sekretaris Derah (Sekda) Kepri, Tengku S Arif Fadhilah menyatakan harapannya agar Menag bisa membuka acara tersebut, “Kami berharap Bapak Menteri Agama bisa hadir sekaligus membuka acara tersebut,” kata Tengku S. Arif Fadillah yang didampingi Kakanwil Kepri Mukhlisuddin saat bertemu Menag.

Tengku S menjelaskan bahwa pergelaran MTQ ini sudah dipersiapkan dengan baik, kiranya bisa berjalan sukses sesuai rencana. Sebab MTQ ini merupakan kegiatan kebanggaan masyarakat Kepulauan Riau, demikian keterangan yang diterima MINA.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah acara sebuah festival pemuliaan kitab suci umat Islam, Al-quran.
MTQ telah diselenggarakan di Indonesia pada 1940-an sejak berdirinya Jami’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Sejak tahun 1968, saat Menteri Agama dijabat K.H. Muhammad Dahlan, MTQ dilembagakan secara nasional. MTQ pertama diselenggarakan di Makassar pada bulan Ramadhan tahun 1968.

MTQ kini sudah berlangsung 26 kali. Sumatra Utara akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-27. Kini, tidak hanya lagu yang dilombakan, juga termasuk cerdas cermat, pidato, kaligrafi, dan lain sebagainya. MTQ juga diselenggarakan antar dan di dalam instansi atau tingkat tertentu seperti yang diadakan Provinsi Kepri tersebut.(R/Nz/R8)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.