MENAG DUKUNG PENINGKATAN DAN PEMASYARAKATAN BAHASA ARAB

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (t) (Foto: Kemenag)
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (t) (Foto: Kemenag)

Jakarta, 25 Shafar 1436/18 Desember 2014 (MINA) — Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mendukung upaya peningkatan pengajaran dan pemasyarakatan Bahasa Arab di Indonesia.

Menurutnya, Bahasa Arab telah mengambil peran yang sangat penting dan strategis di era global. Hal ini ditandai dengan semakin pentingnya kawasan Timur Tengah sebagai pusat sumber energy dan mineral dunia. sebagaimana rilis resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

“Saya mendukung penuh segala upaya untuk meningkatkan pengajaran dan pemasyarakatan Bahasa Arab di Indonesia, termasuk yang dilakukan LIPIA dan lembaga sejenis lainnya,” kata Menag saat memberikan sambutan pada Wisuda Mahasiswa LIPIA, Jakarta, Kamis (18/12).

Menag menilai pengajaran Bahasa Arab di lembaga-lembaga Pendidikan Islam, baik madrasah, Pesantren, dan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) masih perlu diperkuat pada keberadaannya sebagai alat komunikasi untuk kepentingan ekonomi, politik, hukum, dan lainnya.

“Tradisi penelitian dan pengembangan metodologi pembelajaran Bahasa Arab perlu ditingkatkan dan dibudayakan,” kata Menag.

Menag berharap melalui peningkatan budasa riset, akan lahir upaya-upaya kreatif dan inovatif sehingga komunitas pendidikan Bahasa Arab menjadi lebih tercerahkan  dan dapat menyongsong masa depan yang lebih baik. (T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0