Menag: Islamic Center Raja Ampat Perkuat Pendidikan Islam di Indonesia Timur

Jakarta, 21 Rajab 1437/29 April 2016 (MINA) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi pembangunan Islamic Center di wilayah Indonesia, hasil kerjasama Pemerintah Saudi Arabia dengan Indonesia.

Menurutnya, keberadaan Islamic Center akan memperkuat di Indonesia, khususnya di wilayah Timur.

“Untuk memperkuat pendidikan di Indonesia, selain penguatan sistem pendidikan, juga harus didukung sarana dan prasarana yang memadai,” terang   saat menerima Atase Arab Saudi Syech Ibrahim Amnughamsi di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Jum’at (29/04). Demikian laporan dari laman resmi Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami mengapresiasi pemerintah Arab Saudi dan Insya Allah dapat terus di kembangkan kerjasamanya,” ujarnya.

Selain Islamic Center di yang telah selesai pembangunannya, Menag juga berharap pemerintah Arab Saudi melalui Sulthan Khalid Faundation yang menangani bidang kesehatan dapat membantu pembangunan Rumah Sakit (RS) di UIN Alauddin Makasar. Pembangunan rumah sakit di kampus tersebut saat ini baru selesai 60 persen.

Menag menjelaskan, fakultas kedokteran yang baru dibuka di UIN Alauddin membutuhkan tempat praktik berupa rumah sakit. Nantinya, rumah sakit itu juga diperuntukan bagi masyarakat sehingga kemanfaatannya akan sangat luar biasa. “Sebagai contoh seperti di Universitas Muslimin Indonesia (UMI) Makasar telah juga dibangun rumah sakit,” ucap Menag.

Dalam kesempatan itu, Syech Ibrahim Amnughamsi mengundang Menag untuk hadir sekaligus meresmikan Islamic Center di Raja Ampat. Dengan demikian, manfaat keberadaan Islamic Center tersebut dapat segera dirasakan. Menurut Syech Ibrahim, kehadiran Menag akan memotivasi para donatur untuk membangun pusat kajian kebudayaan dan pendidikan Islam di wilayah Indonesia lainnya.

Terkait bantuan untuk UIN Alahuddin Makasar, Syekh Amnughamsi mengatakan bahwa pemerintahan Arab Saudi sudah sejak lama bekerjasama dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasaran pendidikan Islam di Indonesia. Dia berharapan kerjasama itu dapat terus di kembangkan.

Syeck Ibrahim Amnughamsi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Indonesia atas keberhasilannya dalam menyelenggarakan Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadis tingkat Asia Pasifik. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.