Menag Yaqut Apresiasi Film Dokumenter Hajj Journey 2023

Jakarta, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Film Dokumenter  “ 2023” (Perjalanan Ibadah Haji Tahun 2023) yang diinisiasi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Saya sangat mengapresiasi. Informasinya lengkap, sejak dari proses penantian, persiapan, emosi saat melihat Ka’bah, kekhusyu’an Arafah, hingga tiba waktu berpisah dari kota Makkah untuk berziarah di Kota Madinah Al-Munawwarah, lalu kembali ke Tanah Air,” kata Menag pada Acara Launching Film Dokumenter tersebut di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Rabu (10/5/2023).

“Film ini menjadi sarana mengingat kembali bagi mereka yang sudah berhaji, juga memberi gambaran tahapan perhajian bagi mereka yang akan menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

Dikatakan Menag, film ini menggambarkan proses perjalanan jamaah haji gelombang kedua yang berangkat dari Tanah Air menuju Makkah, lalu ke Madinah, dan pulang.

“Sebagai saran, ke depan mungkin perlu juga dokumentasi perjalanan ibadah jamaah gelombang pertama, yang berangkat dari Tanah Air menuju Madinah, lalu ke Makkah dan pulang ke Tanah Air,” lanjut Menag.

Menteri Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang ditayangkan melalui video berharap film ini memberikan manfaat kepada umat Muslim Indonesia

“Beribadah haji selalu menjadi perjalanan yang sangat istimewa dan menyimpan selaksa peristiwa. Haji tahun 2022 adalah haji perdana pascapandemi. Tidak kurang 800 ribu jemaah dari berbagai negara datang ke Arab Saudi, sekitar 100.000 di antaranya datang dari Indonesia. Terbayang, betapa istimewa Indonesia,” imbuhnya.

Hadir dalam launching tersebut, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al Amudi, Dirjen PHU Hilman Latief, perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Staf Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, BPKH serta sejumlah perwakilan Kanwil Kemenag. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.