Menanti 30 Tahun, Liverpool Akhirnya Juara Liga Premier

Dua pesepak bola Muslim, Mohamed Salah asasl Mesir dan Sadio Mane dari Perancis membawa Liverpool di masa jaya. (Foto: AP)

Liverpool, MINA – Setelah penantian selama 30 tahun, Liverpool akhirnya merebut mahkota Juara Liga Premier Inggris pada Jumat (26/6) dini hari WIB, memicu adegan kegembiraan ketika para penggemar merayakannya dengan mengabaikan jaga jarak fisik di tengah masa pandemic.

Pasukan Jurgen Klopp memastikan gelar liga ke-19 dengan catatan tujuh pertandingan tersisa, setelah kekalahan Manchester City dengan skor 1-2 di markas Chelsea, Jumat dini hari WIB.

Kekalahan Manchester City yang berada di posisi kedua membuat juara 2018 dan 2019 itu terpaut 23 poin dengan Liverpool. Tak mungkin terkejar lagi.

Klopp menangis setelah kemenangan yang ditunggu-tunggunya ini,  sesudah tahun lalu memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia Klub, tapi gagal menjuarai Liga Premier ketika mereka kalah hanya satu poin di belakang City.

“Ini momen yang sangat besar, saya benar-benar kewalahan,” kata Klopp emosional kepada Sky Sports.

“Malam ini untukmu yang di luar sana.” Katanya pada para pendukung Liverpool yang tak boleh menonton langsung di dalam stadion akibat pandemic Covid-19.

“Luar biasa. Kuharap Anda tinggal di rumah, atau pergi di depan rumahmu jika Anda mau, tapi tidak lebih. Kami melakukannya bersama pada saat ini dan itu adalah sukacita untuk melakukannya untukmu.”

Namun, ribuan penggemar, banyak yang memakai masker wajah, berkumpul di sekitar stadion Anfield, menyalakan kembang api, meneriakkan dan merayakannya dengan piala replika, sementara pengendara mobil melaju dan membunyikan klaksonnya.

Ucapan selamat mengalir dari seluruh dunia, termasuk dari bintang bola basket LeBron James, aktor Samuel L. Jackson dan mantan pemain tenis nomor satu dunia Caroline Wozniacki.

Dalam pertandingan yang berlangsung lebih awal, City perlu menang di Stamford Bridge untuk menjaga agar peluangnya menjuarai Liga Premier tetap hidup, tetapi kalah 2-1.

Video di media sosial menunjukkan banyak pemain Liverpool menonton bersama pertandingan City lawan Chelsea di sebuah hotel.

“Kami tidak akan memberi tahu Anda lokasi yang tepat, tetapi kami semua berada di sebuah hotel bersama sebagai satu tim,” kata bintang Liverpool Andrew Robertson kepada BBC. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)