Kapal Handala Mulai Berlayar untuk Kampanye Cabut Blokade Gaza

Handala, kapal Norwegia mulai berlayar untuk perjalanan kampanye pembebasan blokade Gaza (Foto: File/ Quds Press)

, MINA – Kapal ” mulai berangkat berlayar dari pelabuhan Liverpool di barat laut Inggris, pada Kamis (6/7). Keberangkatan Handala ini diselenggarakan oleh koalisi “Armada Kebebasan,” sebuah gerakan solidaritas global, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang yang diberlakukan oleh Israel di Jalur .

Menurut para penggagasnya, perajalanan kapal juga bertujuan untuk meningkatkan tekanan rakyat pada negara pendudukan, dan mencari dukungan masyarakat Eropa untuk tujuan memecahkan blokade laut Gaza yang juga masih terjadi.

Kapal “Handala” menuju ke daerah “Wales” di barat daya Inggris Raya, di mana ia akan berhenti di pelabuhan Cardiff (ibu kota Wales) hingga Senin depan. Sejumlah kegiatan solidaritas dan kesadaran dengan partisipasi pendukung Palestina dan aktivis dari gerakan solidaritas akan dilaksanakan selama di Wales.

Setelah itu, kapal akan berlayar ke kota “Bristol” di Inggris barat daya, yang akan menjadi tuan rumah, selama sepuluh hari, sebuah program yang penuh dengan acara dan seminar budaya, serta kegiatan seni dan musik untuk mendukung hak Palestina. Kegiatan tersebut bertujuan menunjukkan penderitaan rakyat Jalur Gaza akibat blokade yang diberlakukan terhadap mereka selama lebih dari 15 tahun.

Acara tersebut juga akan ada pemutaran film dokumenter tentang upaya untuk menghentikan pengepungan, dan simposium politik tentang pentingnya upaya rakyat dunia untuk menghentikan pengepungan.

Ketua Komite Internasional untuk Memecah Pengepungan di Gaza, Zaher Birawi (anggota pendiri Koalisi Flotilla Kebebasan) mengatakan, bahwa kampanye baru untuk memecahkan blokade laut di Gaza, dan pengoperasian kapal “Handala” yang berangkat dari Norwegia, datang sebagai jawaban atas himbauan organisasi masyarakat sipil di Jalur Gaza.

Dalam pernyataan persnya yang dikutip Quds Press, ia mengindikasikan bahwa Freedom Flotilla Coalition, dan semua aktivis dan aktivis solidaritas di seluruh dunia, masih setia kepada Gaza, dan siap mengulangi upaya berlayar untuk menantang blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza, dan untuk mengekspos rasisme dan ketidakadilan negara pendudukan.

Birawi menegaskan, kapal “Handala” akan terus berlayar ke beberapa pelabuhan Eropa selama dua bulan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan rakyat Palestina di bawah pendudukan dan pengepungan. Meningkatkan derajat kepentingan dan aksi solidaritas di masyarakat Eropa, dan meningkatkan tekanan pada pemerintah-pemerintah Eropa untuk melaksanakan tugasnya mengakhiri kejahatan blokade.

Dia menunjukkan, bahwa koalisi “Freedom Flotilla” nantinya akan mengumumkan rencananya untuk berlayar menuju Mediterania timur, untuk menerapkan upaya baru untuk menghentikan pengepungan yang tidak adil di Gaza.

Patut dicatat bahwa Freedom Flotilla Coalition adalah gerakan solidaritas rakyat yang terdiri dari sejumlah organisasi solidaritas dari lebih dari 12 negara di seluruh dunia, dan upayanya berfokus pada upaya untuk mematahkan blokade laut ilegal di Gaza, dan mengungkap keburukan kejahatan Israel yang telah berlanjut sejak 2006.

Koalisi mengorganisir banyak kampanye untuk mematahkan blokade laut, yang paling menonjol adalah kapal Turki “Mavi Marmara” dan kapal internasional saudaranya, yang diserang dan diserang oleh angkatan laut Israel pada tahun 2010. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.