Mendikbud Sepakat Sederhanakan Kurikulum

dok foto: setkab.go.id

Jakarta, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, sudah sepakat akan menyederhanakan kurikulum sehingga lebih mudah dimengerti oleh guru dan siswa.

“Jadi yang sudah jelas adalah beban konten itu harus turun. Jadi beban jumlah konten yang harus dipelajari itu harus turun sehingga di masing-masing konten bisa lebih mendalami kompetensi-kompetensi yang terpenting,” kata Nadiem saat menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers melalui daring, Jumat (3/4), seperti dikutip dari setkab.go.id.

Menurutnya, apakah itu artinya nanti mata pelajarannya dikecilkan atau konten per mata pelajaran dikecilkan, itu masih dalam tahap sedang dikaji dengan tim internal serta mitra-mitra, dan mendapatkan input dari berbagai macam organisasi mengenai reformasi kurikulum.

“Jadinya saya belum bisa jawab apakah mata pelajaran yang akan dikurangi atau konten di dalam masing-masing dikurangi,” ujarnya.

Nadiem menambahkan, yang sudah jelas ia perhatikan adalah beban siswa dengan jumlah konten dan bahan yang banyak sekali sehingga mereka tidak bisa mendalami kompetensi apapun.

“Itu pasti akan kita tangani dan akan kita simplify/sederhanakan dan kita buat jauh lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak,” kata Nadiem.(R/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)