Menebar Kebaikan di Bulan Ramadhan

Oleh: Sartika, Kontributor Kantor Berita MINA

Ramadhan adalah bulan mulia, bulan penuh ampunan, bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Ramadhan juga menjadi bulan memperbanyak aktivitas ibadah. Semua ibadah dan amalan yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk berbuat baik kepada sesama manusia. Allah juga menyayangi dan mencintai siapapun hamba-Nya yang menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Karena itu menebar kebaikan dalam Islam adalah salah satu cara untuk meraih surga-Nya.

Begitulah Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 195 yang berbunyi:

وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan berbuat baiklah, sesungguhnya Allah Mencintai orang-orang yang berbuat baik.”

Dari ayat di atas dapat dijelaskan bahwa Allah sangat menyukai hamba-Nya yang senang beribadah, dermawan dan berbuat baik kepada sesama karena Allah.

Tidak peduli seberapa kecil atau remeh, semua perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan juga bagi para pelakunya. Seperti ungkapan yang mengatakan siapa menabur dialah yang akan menuai.

Allah pun berjanji bagi siapa yang mau berbuat baik akan mendapatkan balasan yang lebih baik, seperti dijelaskan dalam Surat Al-Qashas ayat 84 yang berbunyi,

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِنْهَا

Artinya: “Barangsiapa datang dengan (membawa) kebaikan, maka dia akan mendapat (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu.”

Beberapa contoh perbuatan dari menebar kebaikan di bulan Ramadhan yaitu bersedekah. Terlebih tidak semua orang bisa merasakan hangatnya menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan berkecukupan. Banyak hak-hak yang tidak terpenuhi, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Maka, memberikan sebagian rezeki kita seperti makanan saat berbuka puasa kepada tetangga atau orang lain merupakan salah satu perbuatan dari sedekah.

Allah menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Apalagi itu dilakukan pada bulan Ramadhan, di antaranya menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan mendapat pahala berlipat ganda.

Bahkan, senyum ikhlas pun termasuk sedekah. Senyuman yang ikhlas akan menular dengan cepat. Biasanya, secara refleks orang lain akan langsung membalas kembali dengan senyuman. Sedekah tersenyum adalah salah satu tindakan yang murah dan juga mudah dilakukan saat Ramadhan.

Selanjutnya berpakaian sopan. Perempuan atau laki-laki yang berpakaian sopan ketika berada di tempat umum, dapat membantu orang lain menjaga pandangannya. Selain cara untuk menghormati diri sendiri.

Karena itu, marilah kita manfaatkan waktu di bulan suci ini untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan berlomba-lomba untuk selalu menebarkan kebaikan kepada sesama serta berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Semakin banyak kebaikan yang disebarkan, semakin banyak amal baik yang diperoleh. (A/SR/RS2)

Mi’raj News Agnecy (MINA)