Menhan Prabowo Terima Kunjungan Menlu Prancis

Foto: Kemhan

Jakarta, MINA – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian di Jakarta, Selasa (23/11). Keduanya membahas mengenai tindak lanjut kemitraan strategis antara Indonesia dan Prancis di sektor pertahanan yang telah ditandatangani pada Juni 2021 di Prancis.

Menurut keterang pers Kementerian Pertahanan RI, kerja sama pertahanan Indonesia dan Prancis mencakup berbagai bidang, seperti intelijen, pelatihan dan pendidikan militer, ilmu pengetahuan dan teknologi, industri pertahanan, kerja sama pasukan pemelihara perdamaian, pemberantasan terorisme serta pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama.

Seperti dikutip dari website Kedubes Prancis di Jakarta, Menlu Jean-Yves Le Drian melakukan lawatan resmi ke Indonesia pada 23-24 November 2021. Ini merupakan kunjungan pertamanya ke Asia Tenggara, sejak awal merebaknya pandemi Covid-19.

Pada kesempatan lawatan tersebut, Jean-Yves Le Drian akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Menlu Prancis juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu RI, Retno Marsudi, dalam rangka konsultasi politik tingkat menteri, seperti yang termaktub dalam Kemitraan Strategis antara kedua negara. Kemudian melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan yang akan menjadi kesempatan untuk mengumumkan secara khusus edisi pertama dialog kemaritiman Prancis-Indonesia.

Dalam kesempatan lawatan tersebut, Menlu Prancis juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi. Selaku mitra pembangunan ASEAN sejak tahun 2020, Perancis bertekad mewujudkan kemitraannya di sejumlah bidang, baik di bidang kesehatan (sumbangan vaksin, kerja sama), pelestarian lingkungan hidup. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)