Menhan RI Lepas Keberangkatan Kapal Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Menhan RI Lepas Keberangkatan Kapal Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina (foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 yang membawa bantuan kamanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza.

Didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Prabowo secara simbolis melepas KRI dr. Radjiman di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis (18/1).

Bantuan logistik yang merupakan gabungan dari sumbangan Pemerintah, BAZNAS, dan sejumlah organisasi kemanusiaan nantinya akan diberangkatkan menuju Pelabuhan El Arish, Mesir, untuk selanjutnya disalurkan ke korban konflik di Jalur Gaza oleh otoritas yang berwenang.

Bantuan yang dikirimkan berupa makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, hingga perlengkapan ibadah dengan membawa 214 personel yang tergabung dalam Satgas Muhibah.

Pelayaran KRI dr. Radjiman nantinya akan menempuh rute Jakarta-Belawan-Al Arisi-Jeddah-Batam dan kembali lagi ke Jakarta.

Total waktu dari pelayaran tersebut  hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

Dalam sambutannya, Menhan menyampaikan keprihatinan terhadap penderitaan besar yang dialami oleh rakyat Gaza akibat serangan yang di luar batas kemanusiaan dan tanpa memperhatikan hukum internasional.

“Saya menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada saudara-saudara. Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya, dan meskipun kita bukan negara yang terlibat dalam perang, kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan terhadap saudara-saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Prabowo juga menekankan pentingnya kewaspadaan dan solidaritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini.

“Saya yakin dan percaya, Komandan Satgas dan Komandan Kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Tingkat latihan, disiplin, dan semangat saudara-saudara akan membawa kesuksesan dalam menyelesaikan tugas ini,” tambahnya. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.