Menkes : Rehabilitasi Katarak Dapat Bantu Kembali Produktif

Menteri Kesehatan Republik (Menkes RI) . (Foto: MINA/Aliya)

Jakarta, MINA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Prof. DR. Nila F. Moeloek menyebut  rehabilitatif pada katarak dapat membantu masyarakat kembali produktif.

“Ada beberapa penyakit yang memang tidak bisa kita cegah, tetapi kita bisa membantu dengan melakukan rehabilitasi,” kata Nila dalam acara temu media tentang penanggulangan masalah penglihatan, Selasa (3/10) di Jakarta Selatan.

Menurutnya, angka kebutaan yang terjadi di Indonesia mencapai 80 persen disebabkan oleh katarak, karena itu gangguan pada penglihatan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

“Rehabilitasi yaitu melakukan pengangkatan lensa kemudian menggantikan dengan lensa buatan sehingga kita bisa melihat kembali. Nah kalau rehabilitasi ini dilakukan pada katarak, ini sangat membantu manusia-manusia itu menjadi produktif kembali, artinya bisa melihat,” ujar dokter spesialis mata itu.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, Mahasiswa Unpad Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Menkes menjelaskan, dalam menanggulangi katarak ia telah berkoordinasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) untuk melakukan survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) di 15 provinsi, Indonesia.

“Kita mendapatkan angka yang memang meningkat tahun 1996 sekitar 1,5 persen, sekarang menjadi 3 persen rata-rata, tapi dilihat dari per-provinsi di Jawa Timur sekitar 4,4 persen, sementara di Jakarta masih 1,9 persen,” katanya. (L/R10/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.