Menlu AS Akan ke Indonesia

Menlu AS (foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) akan berkunjung ke Indonesia pekan depan.

“Selain melakukan pertemuan dengan saya, Menlu Pompeo juga akan hadir di dalam forum Gerakan mengenai dialog agama dan peradaban,” ujar Menlu RI Retno Marsudi dalam taklimat media daring, Kamis (22/10) sore.

Gerakan Pemuda Ansor adalah sebuah organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia, yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama. Organisasi ini didirikan pada tanggal 24 April 1934.

Retno menegaskan AS adalah salah satu negara mitra penting bagi Indonesia. Oleh karena itu Indonesia ingin terus membangun kemitraan yang kokoh, saling menguntungkan dan menghormati, dengan negara adikuasa tersebut.

Menurutnya, komitmen kuat pada kemitraan bilateral itu terlihat dari intensifnya saling kunjung pejabat Indonesia dan Amerika, bahkan di masa pandemi Covid-19.

Ia mencontohkan kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Amerika David Norquist baru-baru ini, antara lain juga bertemu dengan dirinya. Juga lawatan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pekan lalu ke Amerika.

Retno yakin pembicaraan dengan Pompeo nantinya akan berjalan dengan baik dan dapat menguatkan hubungan bilateral dengan AS.

Melalui siaran pers yang diunggah di situs resminya, Kedutaan Besar AS di Jakarta telah mengumumkan rencana kedatangan Pompeo ke Jakarta.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia bagian dari lawatannya ke empat negara Asia. Selain ke Indonesia, dalam lawatannya antara tanggal 25-30 Oktober ini, Pompeo juga akan berkunjung ke India, Sri Lanka dan Maladewa.

Pompeo akan memulai lawatannya ke India, kemudian dilanjutkan ke Sri Lanka, Maladewa, dan terakhir ke Indonesia. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.