Menlu RI Tiba di Naypyitaw Temui Suu Kyi dan Panglima Militer Myanmar

Menteri Luar Negeri, . (Foto: MINA)

Naypyitaw, MINA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi bersama Duta Besar RI dan delegasi telah tiba di Naypyitaw, ibu kota pada pukul 09.00 waktu setempat.

Kunjungan Menteri Retno hari ini, Senin (4/9), untuk melakukan pertemuan dengan Penasehat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, panglima militer Myanmar, dan Penasehat Keamanan Nasional U Thaung Tun.

Berdasarkan rilis Kemenlu RI yang diterima MINA pagi ini, Menlu juga akan bertemu dengan sejumlan menteri lainnya untuk membahas krisis kekerasan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine, barat Myanmar.

Pertempuran antara militan dengan pasukan keamanan Myanmar yang terjadi pada akhir Agustus lalu, ditambah serangan membabi buta yang diduga kuat dilakukan oleh militer terhadap warga Rohingya, telah memaksa puluhan ribu warga melarikan diri ke Bangladesh.

Baca Juga:  Ismail Haniya Ucapkan Terimakasih Atas Rencana Pembangunan RS Ibu dan Anak di Gaza

Serangan itu juga membunuh lebih 400 warga dan membakar puluhan desa dan ribuan rumah Muslim Rohingya, etnis yang sejak tahun 1982 tidak diakui oleh pemerintahnya sebagai warga negara.

Warga Rohingya yang selamat melaporkan bahwa tentara Myanmar menyiksa serta menembaki para pria tak bersenjata, kaum wanita dan anak-anak.

Badan PBB UNHCR yang ada di Cox’s Bazar, Bangladesh melaporkan bahwa sebagian pengungsi Rohingya datang dengan kondisi luka tembak dan bakar.

Selainmembahas tentang konflik yang terjadi di Rakhine, Menlu Retno juga membicarakan tentang prospek pembangunan Rumah Sakit Indonesia di wilayah tersebut. (R/RE1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.