Presiden Filipina Buka SEA Games 2019

Manila, MINA – SEA Games 2019 resmi dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, di Philippine Arena, Bulacan, pada Sabtu (30/11) malam.

Menpora Zainudin Amali didampingi Duta Besar Indonesia untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang dan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari ikut menyaksikan acara pembukaan. Demikian keterangan yang diterima MINA, Ahad (1/12).

Pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ke-30 yang memiliki motto ‘We Win As One’ tidak hanya berlangsung di Philippine Arena, tetapi juga melibatkan Clark City sebagai lokasi kaldron. Setelah dibuka berbagai tari-tarian tradisional, defile kontingen dari berbagai negara ditampilkan.

Defile Indonesia, yang dipimpin atlet polo air, Ridjkie Mulia sebagai pembawa bendera, masuk arena setelah kontingen Brunei Darusalam dan Kamboja. Ridjkie merupakan atlet polo air putra yang turut mempersembahkan emas pertama bagi Indonesia pada pesta olahraga negara Asia Tenggara tahun ini.

Penunjukkan Ridjkie sebagai flag bearer sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara pembukaan. Bahkan Ridjkie bersama Timnas polo air putra Indonesia, berhasil merebut medali emas pertama Idonesia di event ini sebelum pembukaan resmi, mengakhiri dominasi Singapura pada cabang olahraga akuatik.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 dilangsungkan di dalam gedung serbaguna berkapasitas 55 ribu penonton di Philippine Arena, Bulacan. Untuk kali pertama, opening ceremony SEA Games dilangsungkan di gedung tertutup.

“Saya menyatakan dibuka SEA Games 2019 untuk merayakan olahraga Asia Tenggara, Mabuhay Kayong Lahat!” kata Presiden Filipina, Rodrigo Duterte saat menyampaikan tanda SEA Games dimulai. (R/LM/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)