Menristekdikti Akan Minimalisir Perbedaan PTS dan PTN

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi () . (Foto: BKKP Kemenristekdikti)

Yogyakarta, MINA – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menegaskan, pihaknya akan meminimalisir perbedaan antara Perguruan Tinggi Negeri () dan Perguruan Tinggi Swasta (), sebab sudah banyak PTS yang memiliki kualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan PTN.

Hal tersebut dikatakan Menristekdikti pada Kuliah Umum di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kamis (22/3), bertajuk ‘Kebijakan Nasonal Pendidikan Tinggi Indonesia menghadapi Revolusi Industri 4.0’.

Di kesempatan tersebut, Menristekdikti juga mengungkapkan adanya 122 PTN yang 38 PTN di antaranya sudah terakreditasi institusi A, 50 PTN belum terakreditasi, dan selebihnya terakreditasi B dan C. Sedangkan jumlah PTS yang sudah terakreditasi A sebanyak 19 Perguruan Tinggi (PT).

Januari 2017 sudah dilakukan pasar bebas antara Asia Tenggara termasuk Indonesia, dalam pasar bebas tersebut terdapat 12 sektor yang salah satunya adalah pendidikan. Demi mempersiapkan globalisasi pendidikan, dibutuhkan adanya pembinaan kepada PT yang dimaksudkan untuk memperkuat dan menciptakan PT dalam negeri yang berkualitas.

Selain itu, Nasir juga mengungkapkan bahwa dalam menghadapi Revolusi Industri, faktor penting dalam membangun daya saing bangsa adalah dengan meningkatkan riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Sebagai penutup pada kuliah umumnya, Nasir mengingatkan seluruh peserta, jika ingin lebih sukses di negeri sendiri maka harus dapat bekerja cerdas, keras, dan ikhlas terutama di bidang ilmu pengetahuan.

Dalam acara Kuliah Umum tersebut turut diserahkan Surat Keputusan (SK) penyelenggaraan Fakultas Pendidikan Kedokteran oleh Menristekdikti kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Rektor UAD. (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.