MER-C Akan Segera Bangun Rumah Sakit Lapangan di Lombok Barat

Jakarta, MINA – Lembaga medis dan kemanusiaan (Medical Emergency Rescue Committee) akan membangun Rumah Sakit Lapangan di wilayah sekitar Rumah Sakit Awet Muda, Lombok Barat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Presidium MER-C kepada MINA, di Jakarta,  Sabtu (11/8).

“Awalnya kita berada di Rumah Sakit Tanjung, tetapi kemudian ada gempa lagi yang cukup besar, maka sekarang Tim MER-C berada di Rumah Sakit Awet Muda kurang lebih 30 menit dari Mataram, dan akan segera membangun Rumah Sakit Lapangan di sekitar Rumah Sakit Awet Muda,” kata Henry.

Ia menjelaskan, menurut rencana tenda untuk Rumah sakit lapangan tersebut akan dikirimkan dari Jakarta pada hari Senin (13/8), dan kemungkinan akan dibangun pada Rabu (15/8).

Selain itu, Henry mengatakan, “Hari ini juga kita mengirimkan tim yang ke-5 sebanyak lima orang, terdiri atas dokter spesialis,dokter umum, perawat, dan logistik. Ini melengkapi tim yang sudah ada di sana, tim pertama oleh Mer-C Mataram, kemudian gelombang selanjutnya tim dari Jakarta, Medan dan Yogyakarta.”

“Tim yang ke-5 ini sekaligus membawa tambahan obat-obatan yang diperlukan bagi korban gempa,” jelasnya.

Hingga saat ini, tim MER-C yang telah turun ke lokasi bencana di NTB sebanyak 26 orang. “Tim tersebut ada yang mobile klinik dan ada juga yang di rumah sakit,” kata Henry.(L/R04/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)