MER-C Berangkatkan Tim Advance ke Lombok

Jakarta, MINA – Lembaga kemanusiaan Kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengirim tiga dokter untuk bergabung dengan tim cabang Mataram untuk melanjutkan memberi bantuan medis kepada korban bencana di .

Untuk tim yang berangkat kali ini diketuai oleh Dr. Arief Rachman. Tim dokter lainnya yaitu Dr. Kipa Jundapri, Dr. Akita Rukmana Akbar, Dr. Miftahul Masruri, dan Widi Kusnadi (dokumentasi dan pemberitaan). Mereka akan berangkat malam ini, Senin (6/8) dari Jakarta langsung menuju Lombok.

Tugas utama tim ini adalah melakukan pemetaan tentang daerah-daerah yang paling membutuhkan bantuan medis. Selanjutnya akan dikirim dokter bedah untuk bisa melakukan praktek di wilayah-wilayah yang sudah dipetakan. MER-C juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain, terutama dinas kesehatan setempat dalam melaksanakan bantuan tersebut.

Selain itu, tim pertama terdiri atas dr. Muhammad Nauval turun bersama tim mahasiswa dan TBM FK Unizar. Tim berangkat sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Sementara tim kedua yang terdiri dari dr. Lalu Yan Hidayat dan dr. Denuna Enjana berangkat bersama Tim Tanggap Bencana RSUD Awet Muda Narmada di bawah naungan Dinas Kesehatan Lombok Barat. Tim ini mulai bergerak pada pukul 11.00 waktu setempat.

Tujuan tim adalah wilayah terdampak gempa di Lombok Timur yaitu daerah Sembalun dan Sambelia.

Sebelumnya, pada Jumat lalu (29/7), MER-C melalui cabang Mataram mengirimkan relawan dr. AD Irma Ramdhani bersama gabungan tim Dinas kesehatan Lombok Barat yang dipimpin oleh dr. Sapto Sutardi berangkat menuju lokasi bencana.

Tim berangkat menuju lombok utara yaitu daerah bayan untuk melakukan initial assessment (penilaian awal) di lokasi bencana, untuk mencatat apa saja yang dibutuhkan saat ini dan mengatur rencana selanjutnya, tim juga membawa obat-obatan, air minum dan mie instan sebagai bantuan awal untuk korban bencana.

Bantuan dan donasi bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok dapat disalurkan melalui: Rekening Donasi Amanah Kemanusiaan Umum MER-C: BCA, 686.0099339; BSM, 701.5658.899; dan BNI Syariah, 303.2000.922.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.