Mer-C Bergabung dalam Tim Medis 4 November

Jakarta, 3 Shafar 1438 H/ 3 Nopember 2016 (MINA) – Lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee () siap bergabung dengan tim medis setidaknya dari 29 lembaga lainnya termasuk rumahsakit-rumahsakit untuk aksi damai Bela Al-Quran pada Jumat 4 November, besok.

“Sebanyak 40 relawan Mer-C siap bergabung dengan relawan medis dari berbagai lembaga  untuk aksi besok,” kata Henry Hidayatullah, Ketua Presidium Lembaga Kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue – Committee) kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis petang.

Puluhan medis yang tergabung dalam tim medis berasal dari berbagai macam rumah sakit di Jakarta termasuk rumah sakit pemerintah.

“Itu baru jumlah sementara, besok kemungkinan akan lebih banyak lagi,” kata Rima Koordinator Lapangan Mer-C.

Lebih lanjut dia mengatakan, akan ada dua titik tim medis Mer-C bertugas yang siap membantu jika ada situasi yang tidak diinginkan terjadi, yakni  di Indosat dan Bank Indonesia.

Sementara itu, Wakil Koordinator Medis Mer-C mengatakan akan ada 300 tim medis yang siap bergabung dalam acara tersebut.

“Untuk sementara ini, sekitar ada tiga ratus relawan dari 29 lembaga yang siap bergabung, nanti setelah meeting kita kasih kabar selanjutnya” katannya.

Tim medis yang diketua oleh Dr Soleh dari berharap aksi damai yang diikuti oleh ratusan ribu Muslim di seluruh penjuru Indonesia dari berbagai ormas itu, tidak ada korban.

“Kami berharap semua masyarakat yang ikut besok, sehat wal afiaat, dan tidak ada korban,” kata Arief yang juga menjadi relawan MER-C.

Medical Emergency Rescue – Committee (MER-C) adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi.

MER-C yang berdiri pada 14 Agustus 1999 merupakan lembaga yang keanggotaannya disebut relawan (unpaid volunteers). Hingga kini, MER-C sudah mengirimkan lebih dari 124 misi kemanusiaan ke berbagai daerah di tanah air termasuk 2 misi ke Afghanistan, 1 misi ke Irak, 1 misi ke Iran (di bawah naungan Departemen Kesehatan RI), 1 misi ke Thailand, 2 misi ke Kashmir Pakistan, 1 misi ke Libanon Selatan, 1 misi ke Sudan, 1 misi ke Somalia, 2 misi ke Palestina (pada saat agresi militer Israel ke Jalur Gaza) dan 5 misi ke Palestina yang berkaitan dengan pembangunan RS Indonesia.

Aksi damai bela Al-Quran adalah aksi dimana umat Islam menuntut penista Al-Quran, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar diproses hukum. (L/P004/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.