MES Foundation Adakan Program Beasiswa Riset Aplikatif di Sektor Industri Halal

Jakarta, MINA – Yayasan Bhakti Masyarakat ( Foundation) kembali menghadirkan program beasiswa penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam penyusunan skripsi.

Mengusung tema “Akselerasi Pengembangan Industri Halal di Indonesia”, program beasiswa ini menjadi penyelenggaraan kedua pasca diluncurkan pertama kali pada tahun 2020.

Sekretaris Umum , Rizal E. Halim  dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (15/5), mengatakan, program beasiswa ini bertujuan untuk mendorong dan mengakselerasi inovasi riset aplikatif sektor industri halal, dan mewujudkan mahasiswa ekonomi syariah yang unggul dan berdaya saing dalam bidang sektor industri halal global adalah melalui karya tulis ilmiah.

“Mahasiswa sangat dinanti kontribusinya di sektor ekonomi syariah salah satunya melalui aktivitas penelitian. Ketika penelitian yang dihasilkan oleh para mahasiswa ini memiliki nilai tambah dan aplikatif, maka dengan sendirinya akan berdampak positif bagi karir para mahasiswa pasca lulus dari dunia perkuliahan karena mereka memiliki portofolio akademik yang baik” tegas Rizal.

Dia menyampaikan program ini adalah bentuk ikhtiar dari yayasan MES foundation untuk menstimulasi lahirnya sumber daya manusia yang unggul dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia.

Dalam rangka mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia diperlukan penguatan pada beberapa sektor, khususnya sektor riil di industri halal.

Aktivitas penelitian yang dilakukan secara masif menjadi faktor pendukung untuk menguatkan sektor industri halal yang berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Hasil penelitian dapat menjadi kerangka acuan sekaligus rekomendasi dalam membuat arah kebijakan yang sistematis dan terarah.

Namun, publikasi ilmiah di Indonesia masih rendah. dibuktikan dengan publikasi karya tulisan ilmiah dari Indonesia yang terindeks scopus hanya berjumlah 34.007.

Salah satu penyebabnya adalah minimnya minat dan pemahaman riset, terutama di kalangan mahasiswa.

Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa jurusan ekonomi syariah dan jurusan serumpun yang ada di perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pada program ini, mahasiswa yang lolos akan mendapatkan fasilitas untuk menunjang penyelesaian skripsi berupa dana operasional senilai 5 juta rupiah yang dapat digunakan untuk keperluan penelitian.

Dalam proses penyusunan skripsi ini, mahasiswa yang lolos akan memperoleh pendampingan terkait materi yang berhubungan dengan pembuatan karya tulis ilmiah. Hal ini dimaksudkan agar skripsi yang disusun oleh mahasiswa memiliki kualitas yang baik dan benar.

Selain itu, para mahasiswa yang menerima beasiswa penelitian akan mendapatkan fasilitas ujian sertifikasi profesi keuangan syariah senilai 1,5 juta rupiah, diharapkan para mahasiswa penerima manfaat dari beasiswa ini bisa meningkatkan skill yang dibutuhkan industri halal pasca kelulusan.

MES Foundation merupakan salah satu badan otonom Pengurus Pusat MES yang memiliki visi berkontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia melalui peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya insani di dunia pendidikan.

Selain beasiswa penelitian, juga terdapat beasiswa lain seperti beasiswa pendidikan dan beasiswa bahasa yang telah dilaksanakan.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.