MESIR BELI PERALATAN MILITER DARI RUSIA SENILAI RP.13,6 TRILIUN

(Sumber foto: Russia Trek)
(Sumber foto: Russia Trek)

Kairo, 7 Muharram 1437/20 Oktober 2015 (MINA) – akan membeli perlengkapan pertahanan dari senilai AS $ satu miliar (setara Rp.13,6 triliun). Staf Senior Pemerintah Rusia, Sergei Ivanov. mengonfirmasi laporan tersebut.

Menurut Ivanov, Mesir akan membeli dan berbagai senjata serta perlengkapan militer untuk melengkapi Kapal Induk Mistral yang baru saja mereka beli dari Prancis pada beberapa waktu lalu. Dia berharap transaksi ini akan berjalan dengan mulus.

“Rusia tentu akan menjadi sub-kontraktor dalam menyuplai peralatan yang dirasa kurang ketika Anda membeli kapal perang seperti kapal Mistral. Rusia juga siap menjual semua helikopter,” kata Ivanov seperti dilaporkan Ahram Online, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada awal Oktober silam, Mesir menandatangani kesepakatan pembelian dua kapal perang Mistral dari Prancis. Mulanya kapal perang itu dijual kepada Rusia, namun, karena sanksi atas Rusia akibat krisis Ukraina, Prancis batal menjual kapal itu kepada Rusia.

(Sumber foto: Unian, info-prom.com.ua)
(Sumber foto: Unian, info-prom.com.ua)

Dua kapal perang itu dilaporkan akan merapat di pelabuhan Mesir pada musim panas 2016. Angkatan Laut (AL) Mesir yang ditunjuk menjadi kru kapal tersebut akan menerima pelatihan selama enam bulan pada tahun mendatang.

Satu kapal Mistral bisa menampung ratusan tentara, puluhan tank dan kendaraan lapis baja, dan 16 helikopter. Salah satu keunggulan kapal itu ialah sistem kendali dan komando modern dalam mengarahkan pergerakan pasukan selama bertempur. (T/P020/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0