MESIR BUKA RAFAH DUA HARI

Pawai
Pawai
Mesir Buka Dengan Gaza Selama 2 Bulan (Foto : Press TV)

Kairo, 29 Shafar 1436H/22 Desember 2014M (MINA) – Mesir dilaporkan telah membuka perbatasan Rafah untuk pertama kalinya dalam dua bulan yang memungkinkan juga masuknya bantuan untuk pembangunan Gaza.

Maher Abu Sabha, seorang menyatakan  akan memaksimalkan dibukanya perbatasan Rafah selama dua hari itu untuk memasukkan bantuan yang tertahan di Mesir.

Sedikitnya 250 warga Palestina dan ambulans yang membawa pasien medis diizinkan untuk menyeberang ke Mesir, demikian dilaporkan Press Tv yang ikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA). Senin.

Perbatasan Rafah merupakan satu-satunya pintu gerbang bagi warga Gaza yang  berpenduduk  1,8 juta orang. Jalur Gaza selama ini menjadi penjara terbesar di dunia akibat blokade Israel.

Rezim Israel telah memblokade Gaza di Palestina sejak 2007. Mesir telah menutup Rafah dan hanya sesekali menawarkan bantuan untuk kasus-kasus darurat medis dan lainnya.

Mesir menutupnya sejak serangan di 24 Oktober lalu yang menewaskan 31 tentara Mesir.  Sinai berbatasan dengan Gaza. (T/P002/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0