Mesir Siapkan Area Untuk Tampung Pengungsi dari Gaza

, MINA – Pemerntah Mesir sedang membangun pagar tembok seluas 8 mil persegi di Gurun dekat untuk menampung pengungsi dari pada bulan Februari 2024.

Mesir mempersiapkan kawasan itu untuk menampung warga jika serangan di Rafah memicu eksodus melintasi perbatasan, dan menekankan bahwa ini adalah langkah darurat. MEMO melaporkan, Jumat (16/2).

Mesir berulang kali memperingatkan kemungkinan serangan Israel di Gaza dapat membuat warga Palestina terpaksa mengungsi ke Sinai.

Amerika Serikat menyatakan akan menentang pemindahan warga Palestina keluar dari Gaza.

Pemerintah Israel mengatakan serangan itu bertujuan untuk menghancurkan , bukan mengusir warga Palestina.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan Tel Aviv tidak berencana mendeportasi warga Palestina dari Gaza, dan akan mencari cara agar tidak merugikan kepentingan Mesir.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Namun banyak menteri Israel dan tokoh masyarakat telah menganjurkan pemukiman kembali warga Palestina di luar Gaza.

Israel mengatakan tentaranya sedang menyusun rencana untuk mengevakuasi warga sipil dari Rafah ke wilayah lain di Jalur Gaza.

Sinai for Human Rights Foundation mengatakan pihaknya memperoleh bukti foto baru bahwa pihak berwenang Mesir sedang membangun zona penyangga keamanan yang dikelilingi tembok di kota Rafah, Mesir, sebelah timur Sinai.

The Wall Street Journal dan New York Times mengungkapkan pemerintah Mesir, khawatir serangan militer Israel lebih jauh ke Gaza selatan akan memicu banjir pengungsi, maka mereka sedang membangun proyek seluas 8 mil persegi, pagar berdinding di Gurun Sinai dekat perbatasan Rafah. (T/RS2/P2)

Baca Juga:  Komisi X DPR Minta Pemerintah Evaluasi Kurikulum Merdeka, UKT, Hingga Kesejahteraan Guru-Dosen

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.