Moskow Ingin AU Afghanistan Tetap Gunakan Helikopter Rusia

Helikopter Rusia di Afghanistan. (Foto: dok. Khaama Press)

Moskow, MINA – Di tengah upaya terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Afghanistan dengan penempatan helikopter buatan Amerika Serikat (AS), pejabat Rusia mengatakan, Moskow ingin melestarikan penggunaan helikopter Rusia oleh militer Afghanistan.

Pejabat Presiden Rusia untuk Kerja Sama Militer Vladimir Kozhin mengatakan kepada media lokal, Moskow mungkin menemukan cara untuk memastikan bahwa helikopter Rusia digunakan di Afghanistan untuk melindungi pemerintah Afghanistan.

Kozhin telah mengklaim bahwa Angkatan Udara Afghanistan saat ini menggunakan helikopter buatan AS karena tekanan oleh kekuatan Barat, demikian Khaama Press melaporkan.

“Semua metode dan cara tekanan antidiplomatik dipekerjakan untuk memaksa Afghanistan membuat keputusan ini,” katanya seperti dikutip oleh TASS News.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk Afghanistan Alexander Mantytsky mengatakan, meskipun negara-negara Barat telah meluncurkan program persenjataan untuk pasukan keamanan Afghanistan, Pemerintah Kabul masih tertarik dengan helikopter buatan Rusia.

Baca Juga:  Iran Rilis Laporan Pertama Jatuhnya Helikopter Presiden

Pejabat Afghanistan dan NATO mengatakan bahwa ukuran Angkatan Udara Afghanistan diperkirakan akan tumbuh tiga kali lipat pada tahun 2023. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi